Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Membuat Taman di Atap Rumah

Tips membuat taman di atap rumah

Taman Di Atap Rumah - Apakah kalian sedang mencari referensi mengenai taman atap roof garden yang murah dan efisien tempat ?

Pada saat ini kebanyak orang melakukan aktifitas di rumah ataupun kerja dirumah (WFH) dikarenakan ada wabah korona , tapi tidak menutup peluang untuk membuat kreatifitas didalam rumah contohnya saja membuat taman atap rumah / taman lantai 2.

Jaga keasrian lingkungan hidup dapat dilaksanakan dengan beragam langkah, terhitung dalam rumah dengan membuat taman yang hijau dan asri. 

Lantas bagaimana ceritanya bila rumah yang dipunyai tidak begitu luas apa bisa membuat taman di atap rumah? Jika sudah semacam ini keadaannya sebetulnya ada beberapa jalan keluar yang dapat menjadi opsi, salah satunya dengan membuat taman di atap rumah atau roof garden.

Taman di atas atap sebagai salah satunya alternative penghijauan untuk tingkatkan kualitas kesehatan lingkungan di beberapa kota besar. 

Selainnya menambahkan keteduhan, taman atap roof garden bisa juga digunakan untuk mempernyerap gas beracun. Nach, dalam rencana mengingati hari lingkungan hidup sedunia, ini kali miminy akan memberinya beberapa panduan untuk membikin taman di atap rumah.

Tips membuat taman di atap rumah

  • Melapis sisi atap yang ingin dibikin taman dengan water proofing. Diamkan sepanjang satu hari sampai betul-betul kering,
  • Aci, yakni tambahan susunan semen, memerlukan pengeringan sepanjang satu hari,
  • Berikan susunan penahan air (drainage cell) dan susunan penahan tanah (geotextile).

Sesudah proses di atas sudah ditangani, selanjutnya dikasih tanah dan siap ditanam tumbuhan. Penanaman dimulai rumput, semak, baru selanjutnya tanaman pohon. 

Untuk menahan kerusakan susunan kedap air (water proof layer), susunan penahan harus ditambahkan supaya akar tanaman tidak menghancurkan susunan kedap air dan beton di bawahnya.

Untuk luas tamannya juga tak perlu harus besar, cukup hanya tempat 4×4 mtr. persegi Anda bisa membuat taman atap yang ideal. 

Yang penting jadi perhatian ialah permasalahan drainase khususnya untuk pembuangan air hasil siraman tanaman atau air hujan yang tertampung pada media itu. Hindari dak atas bangunan alami kebocoran karena mekanisme drainasenya yang tidak betul. 

Salah satunya jalan keluar untuk mekanisme drainase yang bagus dengan memberinya kemiringan tertentu pada atap cor beton. Ini tentu saja akan membuat air akan mengucur ke saluran buangan secara baik.

Ciri-ciri Tanaman Taman di Atap Rumah

  • Tentukan tanaman yang bisa meredam panas , Ini perlu diingat ingat lokasi perkembangan tanaman berada di atap, yang mempunyai jarak yang lebih dekat sama matahari dibanding taman biasa.
  • Jauhi tanaman berakar menusuk ke bawah seperti palem. Pilih yang mempunyai akar menebar dan perkembangannya lambat, Contoh: pohon pagoda.
  • Mempunyai perkembangan bunga yang kerap/rajin berbunga, Contoh, mawar, melati, tapak dara, bougainville.
  • Mempunyai percabangan yang banyak untuk membuat wujud yang cukup rimbun. Contoh: pohon pagoda, kamboja.

Tipe tanaman yang umum digunakan

  • Tanaman berbatang lunak, salah satunya, aracea, rulea, lili paris brasil, pandan kuning, sambang darah.
  • Tanaman berbatang keras, salah satunya, bougainville, kamboja.
  • Tanaman berbunga, salah satunya, mawar, melati.

9 Tips Membuat Taman di Atap Rumah

1. Tetapkan Arah Membuat Taman

Saat sebelum membuat taman di atas rumah, coba tanya lebih dulu dalam diri kamu buat apa arah dari pembikinan ini.Pastikanlah kamu mempunyai argumen yang kuat untuk membikin kebun di atap rumah supaya pembuatan tidak setengah-setengah.

Disamping itu, yakinkan taman yang hendak kamu bikin kelak dipakai sebagai tempat apa?Tempat berkebun atau sekedar tempat santai supaya punyai udara lingkungan rumah yang semakin fresh?

2. Lihat Wujud Konstruksi Atap Rumah

Sesudah tentukan arah pembikinan taman, tahapan setelah itu menyaksikan lebih dulu wujud dan konstruksi atap. Kamu tidak dapat demikian saja menanam atau memasangkan pot tanaman. Tehnik taman atap yang pertama, harus memerhatikan wujud dan konstruksi atap rumah punyamu.

Untuk membikin taman di atap rumah diharuskam mempunyai atap yang datar supaya mempermudah penyelesaiannya. Tidak cuman hanya itu, kamu juga harus tahu apakkah atap rumahmu dapat meredam berat beban dari lapisan-lapisan tempat tanam dan pepohonon yang hendak berada di atas kelak. Coba periksa lebih dulu, ya!

3. Akses Ke arah Atap

Saat membuat taman, tentu saja kamu dan tukang taman harus mengusung beban yang lumayan berat.Saat proses pembuatan kamu akan membutuhkan kayu, batu, tanah dan tanaman.

Untuk mempermudah, bikinlah akses ke arah atap. Dengan akses ke arah taman yang gampang, kamu segera dapat bawa beberapa barang tak perlu berusaha susah payah.

4. Aliran Air ke Taman

Sesudah persoalan di atas usai, saat ini waktunya pikirkan aliran air supaya hingga sampai taman di atap rumah. Langkah yang mana ingin kamu gunakan?

Bawa air dalam ember ke atap rumah atau memasangkan instalasi pipa air di atap? Selainnya pengairan, lihat drainase taman. Janganlah sampai ada air yang menggenang kelamaan dan menghancurkan konstruksi atap, ya.

5. Cahaya Matahari Bila Ingin Bercocok tanam di Atap Rumah

Bercocok tanam di atap rumah juga harus memerhatikan jumlahnya cahaya matahari yang sampai pada atap kamu. Adakah beberapa gedung tinggi atau bangunan rumah lain disekitaran tempat tinggalmu?

Bila iya, berhati-hati, bisa jadi gedung atau bangunan rumah tetangga itu bisa merintangi cahaya matahari yang dibutuhkan oleh taman punyamu.

6. Penghambat Angin

Taman yang ada di atap rumah bentang hancur atau remuk jika tidak terpasang penghambat angin. Untuk kurangi angin yang ada, kamu bisa memasangkan tembok atau pagar.

Ini bisa juga berperan sebagai pengaman bila ada anak-anak yang bermain di atap. Bikinlah penghambat angin yang tidak begitu kompak, karena bila pagar terlampau rapat angin yang besar justru akan membuat roboh.

7. Listrik

Bila arah kamu membuat taman untuk santai, sebaiknya terpasang listrik. Listrik bermanfaat untuk lampu pencahayaan.

Targetkan instalasi listrik secara benar. Penata penerangan yang betul bisa membuat taman di atap rumah kelihatan elok apa lagi pada malam hari.

8. Tempat Penyimpanan

Saat kamu bercocok tanam, ada beberapa perlengkapan yang perlu dipunyai. Tanpa sadar, beberapa alat ini akan habiskan tempat taman punyamu.

Supaya taman masih tetap kelihatan rapi dan elok, kamu bisa membuat satu area untuk menyimpan untuk menyimpan semua perlengkapan seperti sekop, selang, pupuk dan yang lain.

9. Tentukan Tipe Tanaman yang Sama sesuai Kondisi Atap Rumah

Targetkan tanaman yang hendak ditanamkan sesuai kondisi atap rumah. Bila atap sedikit mendapatkan cahaya matahari, tentukan tanaman yang memanglah tidak membutuhkan banyak cahaya.

Dengan berencana tanaman yang hendak diputuskan, pasti hasil bercocok tanam punyamu akan jadi lebih optimal.

10 Tipe design taman atap (rooftop garden)

Memikirkan taman hijau subur yang cantik menghijau pasti benar-benar mengunggah hati. Tapi, harapan menakjubkan ini rasanya tidak realitas bila Anda kekurangan tempat untuk halaman di rumah Anda. 

Tetapi, untuk Anda yang mempunyai atap dak, Anda dapat mempunyai design taman atap hijau yang cantik dan menginspirasi dengan memakai beberapa ide inovatif dan berkilau dengan knowledge base yang simpel berkenaan bercocok tanam di dak rumah dan pada akhirnya meningkatkan tanaman hias untuk rooftop garden yang menawan.

1. Bercocok tanam di dak rumah

Merupakan gagasan baik untuk meningkatkan tanaman untuk bercocok tanam di dak rumah dengan memakai pengetahuan yang berguna mengenai urban farming untuk menanam sayur, buah, dan tanaman yang lain bisa dimakan sendiri. 

Bukan hanya memberikan kesenangan untuk Anda untuk menanam sayur dan buah sendiri, tapi tipe taman atap ini dapat menjadi dasar usaha keluarga yang memberikan keuntungan.

2. Kolam renang dan tanaman hias atap

Apalagi yang dapat semakin rileks dan menentramkan selainnya nikmati kenyamanan kolam renang di taman atap di suatu sore yang panas? 

Dengan syarat kolam renang yang detil, kestabilan atap yang diperlukan, kemampuan, dan pengadaan mekanisme drainase, Anda bisa membuat tipe taman atap yang mempunyai kolam renang yang sejuk.

3. Patio atap dengan gazebo

Patio adalah langkah untuk memberinya sentuhan hardscaping yang berkilau pada design taman atap. Ini sebagai ide yang inovatif untuk kebatasan tempat di rumah Anda yang memungkinkannya Anda untuk nikmati udara yang sejuk dan panorama yang memesona dari atap rumah Anda. Jika tempat rooftop masih mungkin, Anda dapat tempatkan satu set meja taman atau gazebo untuk tempat bercengkerama dengan keluarga.

4. Penerangan dekoratif

Penerangan penting dalam membuat design taman atap yang cantik dan menegangkan. Tanaman hias untuk rooftop yang cantik dipotong rapi dan jejeran tanaman pot bisa terpampang dengan beragam spotlight reflektif untuk tangkap panorama memesona dan jadi teduh dari taman atap mimpi Anda.

Ingin yang lebih fantastis kembali? Anda dapat coba tata lampu memiliki nuansa biru di atas!

5. Area Mengolah

Mengolah pada tempat terbuka di rooftop garden tentu bagus sekali untuk beberapa pencinta barbekyu. Dalam masalah ini, design taman atap komplet dengan perlengkapan masak bisa ekspresikan kesayangan mengolah sekalian kegiatan makan di tempat terbuka.

6. Sinema rooftop

Nikmati film di tempat terbuka taman rooftop yang hijau dan subur bisa memberinya kemewahan selingan diakhir minggu yang cantik. 

Anda bisa menimbang tipe taman atap ini dengan memakai kreasi dan menyatukan sinema dengan seni bercocok tanam di dak rumah dan membuat tempat selingan di atap rumah Anda.

7. Bersantap di taman

Makan bersama di taman atap menambahkan kepuasan dan cita-rasa makanan favorite Anda. Menambah meja makan dengan penerangan classic ialah gagasan yang mengagumkan untuk meningkatkan taman di pucuk bangunan.

8. Musik di taman atap

Mempunyai mekanisme musik yang dipasang di atap Anda kedengar menarik sekalian melipur. Speaker dan perlengkapan musik yang lain dapat terpasang terselinap dalam tanaman lebat saat Anda sedang pesta di taman atap.

9. Galeri seni unik

Beberapa pencinta seni unik mempunyai peluang besar untuk membuat taman rooftop berpenampilan bersejarah dengan menambah patung dan ukir-pahatan. Mereka bisa lewat cara inovatif menyatukan ornament artistik dengan gagasan taman hijau untuk hasilkan taman atap terbaik.

10. Kolam ikan

Bila menyenangi ikan, Anda dapat memasangkan akuarium atau kolam ikan di atap. Selainnya dapat memunculkan dampak mendinginkan, tipe taman atap ini dapat menjadi area santai sekalian bersantap barbekyu.

Akhir kata

Nah demikian artikel mimin mengenai taman di atap rumah , semoga dapat membantu dan memberikan ide yang brilian untuk kalian , terimakasih 

Posting Komentar untuk "Tips Membuat Taman di Atap Rumah"