Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tujuan Sosialisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berikut Penjelasannya Secara Lengkap

Tujuan Sosialisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berikut Penjelasannya Secara Lengkap

Alfazzablog.com – Manusia adalah makhluk sosial yang terus membutuhkan orang lain dalam kehidupannya dan selalu berinteraksi antar individu. 

Sebagai makhluk sosial, tentunya sejak lahir sudah memiliki hasrat atau keinginan untuk selalu berhubungan dengan orang lain sekaligus dengan lingkungan sekitar juga.

Dikutip dari KBBI, sosialiasi mempunyai arti yaitu upaya masyarakat untuk lebih dikenal, dipahami dan diketahui oleh masyarakat lain. 

Sosialisasi adalah sebuah proses belajar, karena sifat bawaan manusia yang tidak pernah puas untuk menggapai sesuatu maka dari itu memunculkan sikap ingin terus belajar mengenai hal-hal baru yang sama sekali belum diketahui.

Sosialisasi merupakan sebuah konsep yang mempunyai makna sebagai proses pembelajaran sejak manusia itu lahir sampai dalam rentang usia dewasa mengani proses belajar berpikir, memahami, dan berperilaku. 

Dengan adanya sosialisasi tentunya seseorang akan lebih aktif dalam bermasyarakat dan lebih mudah interaksi antara satu dengan lainnya.

Sosialisasi juga akan terus terjadi selama manusia itu hidup. Maka dari itu Alfazzablog.com akan menjelaskan seberapa pentingnya tujuan sosialiasi lebih lanjut yang harus dipahami sebagai acuan materi atau ilmu umum yang positif..

Pengertian Sosialiasi Menurut Para Ahli Sosiologi


Charlotte Buhler (1078:55) berpendapat bahwa sosialiasi merupakan sebuah proses yang membantu masyarakat untuk terus belajar dan beradaptasi terhadap cara hidup dan berpikir terhadap kelompoknya agar seseorang itu dapat berperan aktif dalam kelompok terkait. 

Sementara Charles R Wright berpendapat bahwa proses individu untuk mendapatkan kebudayaan kelompoknya dan belajar sampai dengan tingkat tertentu terhadap norma-norma yang berlaku, sehingga orang tersebut dapat membimbing dan memperhitungkan mengenai harapan-harapan individu lainnya.

Dengan begitu pengertian sosialisasi menurut arti luas yaitu suatu proses interaksi antar individu untuk proses pembelajaran mulai dari saat dilahirkan sampai manusia itu meninggal di dalam bermsyarakat. 

Istilah lain yakni individu akan terus belajar dan terus mengembangkan perilakunya untuk di dalam lingkup masyarakat sebagai proses pendewasaan diri.

Tahapan dalam Bersosialisasi

Terdapat beberapa tahapan yang ada di dalam sosialisasi sesuai pendapat Robert MZ Lawang yaitu :

Sosialisasi Primer

Sosialisasi primer adalah proses sosialisasi yang pertama kali terjadi sejak individu masih usia kanak-kanak. 

Sosialisasi primer merupakan proses pembelajaran awal sebelum individu itu terjun ke dalam sosial bermasyarakat. 

Sosialisasi primer ini terjadi dalam lingkup keluarga, dimana individu pertama kali mulai belajar melalui peran penting orang tua dalam mengenal nilai-nilai positif baik agama, norma sosial, dan lain-lain.

Sosialisasi Sekunder

Sosialisasi sekunder adalah proses pembelajaran yang terjadi setelah sosialisasi primer yang dialami oleh individu. Pada saat tahap ini individu akan mengenali lingkungan diluar lingkungan keluarga, baik nilai, norma yang terjadi di dalam masyarakat.

Tujuan sosialisasi ini agar individu dapat semakin menerima nilai-nilai sosial yang berlaku dalam proses bermasyarakat. Sosialiasi sekunder dapat menjadi sebuah bukti bahwa seorang individu dapat beradaptasi dalam lingkungan masyarakat.

Tujuan Sosialisasi

Tujuan Sosialisasi yang ada di dalam masyarakat diantaranya :

  1. Tujuan sosialisasi yaitu agar setiap individu dapat memahami nilai-nilai dan norma yang terjadi dalam kelompok masyarakat.
  2. Tujuan sosialisasi dapat mengendalikan sebuah fungsi untuk lebih hati-hati dalam bermasyarakat.
  3. Tujuan sosialisasi agar para individu yang bermasyarakat dapat lebih mernghargai satu sama lain dengan berinteraksi secara baik.
  4. Tujuan sosialisasi yaitu agar setiap individu dapat mengembangkan segala kemampuan berkomunikasi seperti berbicara, membaca, menulis dan peka terhadap kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar.

Demikian tujuan belajar sosialiasi beserta tahapan-tahapan yang harus dilalui, dengan adanya bahasan dari Alfazzablog.com semoga dapat membantu teman-teman dalam belajar sosialisasi lebih baik lagi.

Posting Komentar untuk "Tujuan Sosialisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berikut Penjelasannya Secara Lengkap "