Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Agar Memori Ponsel Tidak Cepat Penuh Mudah Dan Ampuh

Beberapa Tips Memori Ponsel Tidak Penuh Mudah Dan Ampuh

Alfazzablog - Jika saat ini kamu mengeluhkan memori ponsel yang selalu penuh, tentu kamu membutuhkan sejumlah tips untuk mengatasinya. 

Tips memori ponsel tidak penuh menjadi informasi menarik yang dibutuhkan orang-orang ketika ponselnya tidak bekerja dengan optimal dikarenakan memorinya yang selalu penuh. 

Biasanya untuk mengatasi hal ini, orang-orang akan membeli perangkat yang baru dengan penyimpanan yang lebih besar. 

Meski solusi ini sangat membantu, tapi biaya yang dikeluarkan tentu saja akan jauh lebih besar. Apalagi hp yang sebelumnya pun akhirnya tidak digunakan lagi setelah ada hp yang baru. 

Padahal, masih ada sejumlah cara yang bisa dilakukan jika ingin mengatasi memori ponsel yang selalu penuh seperti rajin membersihkan filenya atau bisa juga dengan memindahkan beberapa file yang ada di ponsel kamu.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli ponsel baru dengan harga yang sangat mahal, kamu bisa gunakan beberapa tips berikut ini yang akan menjadi solusi terbaik untuk mengatasi memori yang selalu penuh.

Perlu diketahui, memori ponsel memang wajib dibersihkan sebagai salah satu langkah untuk merawatnya. 

Ada banyak sekali efek yang akan didapatkan ketika kamu membiarkan memori internal di smartphone kamu penuh. Mulai dari ponsel yang akan sangat lemot ketika dijalankan, aplikasi jadi macet, bootlop hingga hp yang mudah panas. 

Jadi untuk menghindari semua hal tersebut, kamu harus pelajari terlebih dahulu bagaimana cara membersihkan memori ponsel yang ada di ponsel pintar dengan mudah:

1. Memindahkan Aplikasi Ke SD Card

source image : pixabay

Untuk tips memori ponsel tidak penuh yang pertama adalah kamu harus coba memindahkan aplikasi yang ada di memori internal ke sd card. 

Jadi kamu harus pindahkan beberapa aplikasi yang memakan memori internal kamu seperti aplikasi, foto, music ataupun video. 

Tapi disini kamu harus memiliki kartu memori dengan kapasitas yang besar misalnya 16 GB hingga 32 GB, Dengan begitu, proses pemindahan pun dapat berjalan dengan lancar dan memori di ponsel kamu pun tidak akan penuh lagi.

Untuk cara memindahkan aplikasi ke SD card sangat gampang sekali. Kamu harus membuka menu pengaturan kemudian pilih setelan tambahan. Jika sudah, pilih manajemen aplikasi. 

Kamu bisa cari aplikasi yang akan kamu pindahkan ke SD Card. Langkah yang sama juga bisa kamu lakukan apabila ingin memindahkan file seperti music, video atau bahkan foto. 

Tapi disini kamu harus membuka file manager dulu kemudian pilih foto, music atau video yang akan kamu pindahkan ke SD Card. Jadi sangat gampang sekali dan jika berhasil, tentu ponsel kamu yang semula tidak bisa bekerja dengan cepat, akhirnya kembali bekerja dengan optimal.

2. Menghapus Cache Pada Aplikasi

Kemudian, jika kamu ingin memori ponsel kamu tidak penuh, tips kedua yang bisa kamu lakukan adalah menghapus cache. 

Kamu juga bisa gunakan cara ini di hp android milikmu baik itu dari penggunaan aplikasi atau pada saat kamu browsing menggunakan hp kamu. 

Cara ini sangat ampuh untuk kamu yang saat ini ingin mencari solusi atau tips memori ponsel tidak penuh supaya ponsel kembali berjalan dengan lancar.

Untuk caranya sendiri, kamu harus membuka setelan di smartphone kamu terlebih dahulu melalui menu pengaturan. 

Kemudian, masuklah ke menu aplikasi. Dilanjutkan lagi dengan mencari aplikasi yang memakan ram atau memori penyimpanan paling besar. 

Jika kamu sudah menemukannya, silahkan buka aplikasinya. Kemudian, ketuk di bagian menu penyimpanan dan klik hapus cache. 

Dengan mengklik hapus cache ini, kamu bisa menghapus data-data pada aplikasi tersebut dan datanya pun akan hilang. Jadi apabila kamu ingin membuka aplikasi kembali, kamu harus login ulang.

3. Menghapus Data Aplikasi Offline

source image : pixabay

Langkah ketiga untuk kamu yang ingin mengatasi memori ponsel tidak penuh adalah menghapus data aplikasi offline. Aplikasi offline adalah aplikasi yang di dalamnya tersedia konten baik itu gambar, video, music, artikel yang dapat dinikmati secara offline. 

Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi youtube dulu, kemudian buka profil kamu di sudut kanan atas. 

Pilih menu pengaturan, unduhan kemudian hapus unduhan yang sudah kamu lakukan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa buka menu perpustakaan atau library. 

Buka menu unduhan dan kamu pun akan melihat ada daftar video offline disana. Kamu bisa pilih video yang ingin kamu hapus dari unduhan. Untuk cara ini, kamu bisa lakukan satu per satu di setiap video yang ingin kamu hapus.

4. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

source image : pexels

Dan langkah terakhir untuk kamu yang ingin mengatasi memori ponsel selalu penuh adalah menghapus aplikasi yang tidak digunakan. 

Jadi hapus semua aplikasi yang menurut kamu hanya memenuhi ruang penyimpanan di smartphone kamu saja. Misalnya hapus game yang memakan paling banyak memori internal. 

Jadi apabila kamu sudah tidak menggunakannya lagi, tidak ada salahnya untuk hapus aplikasi tersebut.

Untuk menghapus aplikasi dari ponsel gampang saja. Kamu harus membuka menu pengaturan kemudian pilih setelan. 

Lanjutkan dengan memilih manajemen aplikasi kemudian carilah aplikasi yang ingin kamu hapus. Tap hapus instalasi dan aplikasi tersebut akan langsung terhapus sehingga memori atau ruang penyimpanan di smartphone kamu akan kembali banyak lagi.

Jadi itulah sejumlah tips memori ponsel tidak penuh untuk kamu yang kesulitan menggunakan smartphone karena ruang penyimpanannya yang sudah habis. Jangan buru-buru membeli ponsel baru karena masih banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Memori Ponsel Tidak Cepat Penuh Mudah Dan Ampuh"