Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Teknik Membentuk Kue Kering Ala Rumahan part 1

Alfazzablog.com – Assalamu’alaikum , kali ini mimin akan membagikan artikel mengenai Teknik Membentuk Kue Kering Ala Rumahan yang pastinya enak dan renyah.

Semoga artikel kali ini dapat membantu , terutama ibu – ibu nih keknya kebanyakan yang baca artikel ini , saya doakan kue kering yang nanti dibuat enak dan pastinya laku dimakan oleh keluarganya .

Teknik Membentuk Kue Kering Ala Rumahan

Kue kering masih menjadi pelengkap cemilan terutama pada saat hari – hari besar / istimewa , seperti hari raya , arisan ibu – ibu , ataupun bisa dijadikan cemilan sehari – hari.

Kalo di itung – itung nih , dari pada beli mending buat sendiri aja sih , kenapa ? kalo pengalaman saya atau dari banyak sumber yang saya baca , alasan pertama lebih hemat ,lebih higienis, dan rasanya pun bisa kita tentukan loh.

Kok bisa ? ya iyalah , kita bisa buat rotinya lebih asin , lebih manis ataupun dibanyakin nih komposisi topingnya , kek mesesnya dibanyakin , kejunya dibanyakin dan sebagainya .  

Kendala membuat kue kering

Membuat kue kering memang sih bisa dikatakan gampang – gampang susah , banyak kendala dalam proses pembuatanya .

Contohnya takut kue gagal atau kue nya tidak sesuai apa yang kita kehendaki , alhasil keluarga kita tidak mau makan , dan pastinya kita buang atau makan sendiri dong hehehe.

Tips nya agar kue tidak gagal adalah kita membaca buku panduan , membaca artikel di web seperti sekarang ini , ataupun kita perbanyak mencoba buat roti keringnya .

Sebab Ketika kita banyak mencoba otomatis jadi banyak tau dong , apasih yang membuat roti kering kita gagal , bagaimana sih cara mengatasinya dan apakah kue kering yang kita buat udah sesuai dengan selera keluarga kita.

Nah sedikit berbekal pada artikel saya ini , kalian akan diberi pengetahuan dasar cara membuat kue kering.

Tidak hanya caranya , tapi mengenai alat dan bahannya , serta aneka tip dan solusi mengatasi kegagalan.

Jadi langsung saja disimak ya Teknik Membentuk Kue Kering Ala Rumahan nya.

Teknik membentuk Kue kering

1. Kue kering cetak (Molded Cookies)

Pada Teknik ini , kue dibentuk dengan menggunakan cetakan (cookie cutter) yang menarik seperti bentuk kartun , bulan , bintang , hati dan masih banyak lainnya. Jenis adonanya biasanya lebih kalis agar dapat digilas sebelum dicetak.

2. Kue kering yang dibentuk dengan sendok (Drop Cookies)

Kue kering dengan teknik ini dibentuk dengan bantuan sendok. Jenis adonan ini lembek , sulit dibentuk dan bertekstur kasar sehingga tidak dapat digilas dicetak maupun disemprotkan .

3. Kue kering potong (bar cookies)

Kue kering potong yaitu kue kering yang adodannya dibentuk tebal dan memanjang seperti silinder lalu dipotong tipis menggunakan pisau.

4. Kue kering semprot (pressed cookies)

Kue kering jenis ini dibentuk dengan menyemprotkan adonan menggunakan alat plastik segitiga dan spuit atau alat pressed cookies, jenis adonan biasanya lembek dan berteksture halus.

Alat membuat kue kering

Sekarang alat nya nih , tapi sebelumnya kita perlu memperhatikan hal penting ini yaitu kebersihan alat, kemanan Ketika kita menggunakanya safety bro , dan kenyamanan agar tidak menjadi penyebab kerusakan atau kegagalan pada kue kering . Adapun alat-alat yang digunakan untuk membuat kue kering yaitu : 

1. Alat Ukur 

Soure image : pixabay

Agar kue kering yang dibuat berhasil , salah satu yang harus diperhatikan adalah ketepatan pengukuran jumlah bahan .  Alat – alat ukur sangat diperlukan dalam pengukuran bahan – bahan kue kering  , seperti 

a. Timbangan 

Digunakan untuk mengukur berat bahan. Satuannya yaitu gram (g) dan kilogram (kg) . Terdapat dua jenis timbangan yaitu timbangan tradisional dan timbangan digital .

b. Sendok Ukur

Source image : pixabay

Digunakan untuk mengukur satuan yang dinyatakan dalam ukuran sendok. Sendok ini berbeda dengan sendok rumah tangga , biasanya pada sendok ukur sudah dicantumkan ukurannya dalam Bahasa inggris seperti teaspoon (tsp) untuk satuan sendok the (sdt) dan tablespoon (tsbsp/tbs) untuk satuan sendok makan (sdm).

c. Gelas Ukur

Source image : pixabay

Digunakan untuk mengukur volume bahan cair. Satuannya yaitu liter (l), Mililiter (ml) , cubic centimeter (cc) , Pastikan petunjuk skala ukurnya jelas dan tepat.

2. Mikser / Ballon Whisk

Source image : pixabay

Dalam pembuatan kue kering , mikser digunakan untuk mengocok mentega dan gula sampai tercampur rata saja, berbeda dengan adonan kue yang memerlukan pengocokan konsisten sampai mengembang dan kental. Untuk mengocok secara manual , dapat menggunakan ballon whisk .

3. Oven

Source image : Pixabay

Ada beberapa jenis oven yang dapat digunakan dalam membuat kue kering yaitu oven kompor atau disebut oven tangkring, oven listrik dan oven gas.

Hal yang perlu diingat , selalu jaga kebersihan oven dan pastikan oven dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Masing-masing oven memiliki karakteristik yang berbeda dalam penggunaan dan process pemanasannya. Berikut penjelasannya :

a. Oven Kompor / Tangkring

Oven ini paling sering dipakai dalam rumah tangga, harganya murah dan tidak memakai listrik menjadi keunggulannya. Cara pemakainnya mudah , oven hanya diletakan di atas kompor , kesulitan oven ini adalah mengatur suhu pangganganya.

b. Oven Listrik

Oven listrik atau microwave sangat mudah digunakan karena dilengkapi thermometer dan timer serta penggunaan panas atas dan bawahnya dapat diatur . kekurannya adalah selain harganya cukup mahal , daya listrik yang dibutuhkan juga cukup tinggi.

c. Oven Gas

Oven gas juga sangat mudah digunakan karena dilengkapi thermometer sehingga suhu dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran oven ini sangat besar sehingga membutuhkan tempat yang luas , cocok diapaki untuk menjalankan usaha.

4. Mangkuk Adonan

Mangkuk ini berfungsi sebagai wadah adonan kue kering atau adonan untuk keperluan menghias . Ukuran mangkuk adonan dapat disesuaikan dengan banyakknya adonan yang ingin dibuat.

5. Spatula 

Source image : pixabay

Spatula digunakan untuk mengaduk bahan kering serpti tepung , susu , dan buah kering yang dimasukan ke dalam adonan. Ada bermacam jenis spatula , seperti yang terbuat dari kayu , besi , plastic , dan karet / silicon.

6. Loyang Kue kering.

Source image : pixabay

Loyang sangat diperlukan pada proses pemanggangan kue. Loyang yang umumnya digunakan untuk kue kering adalah Loyang berbentuk persegi dengan tinggi pinggiran 1 cm hingga 2 cm .

7. Rolling Pin

Source image : pixabay

Biasa disebut juga penggilas adonan , terbuat dari bahan kayu dan plastic, atau stainless steel . Apabila tidak mempunyai rolling pin , dapat menggunakan botol sirup bekas ataupun benda berbentuk tabung dengan bentuk lurus dan rata.

8. Pisau & Cookie Cutter 

source image : pixabay

Pisau rumah tangga ataupun pisau bergerigi berfungsi untuk memotong adonan yang telah digilas. Sedangkan cookie cutter digunakan untuk mencetak adonan yang telah digilas dengan bentuk yang menarik.

9. Alat semprot Adonan Kue Kering

a. Plastik segitiga

Berfungsi sebagai alat bantu untuk membuat kue kering dengan Teknik pressed coookies seperti kue lidah kucing  , semprit , ataupun adonan yang lebih cair dan tidak dapat digilas .

b. Spuit 

Berfungsi sebagai alat pembentuk adonan yang dismprotkan ke Loyang , biasanya digunakan pada ujung plastic segitiga.

c. Alat Cetak Kue Kering / Biscuit Maker

Dipakai untuk mencetak adonan yang lembek dan lebih praktis digunakan. Caranya hanya dengan memasukan adonan pada tabung , pilih dan pasang pola cetakan , kemudian tekan pegangan yang terdapat pada alat .

10. Rak Pendingin Kue 

Berfungsi sebagai tempat untuk meletakan kue kering yang baru matang agar uap panas keluar dari kue kering tersebut. Hal ini bertujuan agar kue tidak lembap ataupun menjadi lembek sehingga mempengaruhi usia simpan kue kering yang dibuat.

11. Kertas Roti

Kertas Roti dapat digunakan sebagai alas memanggang agar kita tidak perlu berkali – kali mengolesi mentega / margarin pada Loyang.

12. Stoples

Berfungsi sebagai wadah penyimpanan dan penyajian kue kering. Sekarang sangat mudah mendapatkan wadah dengan berbagai ukuran dan bentuk yang menarik dipasaran.


Sumber : Raditrini & Ratu Hani


Posting Komentar untuk "Teknik Membentuk Kue Kering Ala Rumahan part 1"