Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peluang Usaha Budidaya Jangkrik Pakan Burung, Modal Ribuan Omset Jutaan

Peluang Usaha Budidaya Jangkrik Pakan Burung, Modal Ribuan Omset Jutaan

alfazzablog - Budidaya jangkrik pada umumnya ditunjukan untuk menghasilkan 2 hasil utama yang nilai ekonomisnya sama besar, yaitu : telur yang dapat dijual peternak lainnya & jangkrik dewasa untuk pakan burung dan ikan serta untuk tepung jangkrik.

Kalau anda sedang bingung memikirkan ingin membuka usaha apa , sebaiknya anda cermati dulu hobi anda selama ini. Jika memang anda punya hobi memelihara burung, coba lirik dulu peluang bisnis yang satu ini. 

Peluang bisnis pakan burung terutama jangkrik sekarang ini banyak di cari oleh para pecinta burung. Pasalnya antara pemelihara burung dan peternak jangkrik juga lebih banyak yang memelihara burung.

Keadaan yang kurang seimbang ini menjadikan peluang jika memang di daerah anda belum ada peternak jangkrik.

Budidaya jangkrik ini memang sangat efisien dan tidak bisa dianggap sepele. Hasilnya kalau yang sudah jadi dan sering panen, tidak kalah dengan yang berprofesi sebagai pegawai perusahaan bonafid, bahkan bisa lebih besar.

Baca juga artikel peluang usaha juga ya 9 pekerjaan bidang IT yang menjanjikan 

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Budidaya Jangkrik

Setiap usaha tentu nya akan ada berbagai persiapan baik alat maupun bahan sebagai modal utama. Tak terkecuali dengan budidaya jangkrik. Ada tiga hal utama yang harus dipersiapkan. Diantaranya,

1. Bibit


Untuk bibit biasanya akan berwujud telur jangkrik, dan ini sudah ada banyak yang jual di pasaran. Bahkan anda bisa dengan mudah mendapatkan nya melalui online shop. 

Kalau lewat online shop, usahakan memilih toko yang memang rating nya sudah bagus, dan anda bisa lihat dulu berbagai ulasan dari konsumen yang sudah membeli nya.

Tapi memang alangkah baiknya jika anda membeli bibit jangkrik ini kepada orang yang sudah terpercaya. 

Akan lebih baik lagi jika anda bergabung dulu ke peternak jangkrik yang sudah profesional, anda bisa membeli sebagian telur yang berkualitas baik untuk dicoba sendiri di rumah anda. 

2. Kandang


Kandang jangkrik ini cukup sederhana dan hanya terbuat dari kayu tipis saja. Sangat mudah untuk dibuat, jika anda membeli di pasaran pun juga sudah ada banyak yang menjual nya. 

Tapi akan lebih hemat lagi kalau anda bisa meracik dan membuatnya sendiri. Kalau membuat sendiri ukuran kandang juga bisa di atur sesuai keinginan dan luas ruangan yang sudah anda alokasikan.

Kandang sebaiknya anda tempatkan di tempat khusus, tertutup dan masih ada pencahayaan yang bisa masuk. Hewan ini memang sangat beresiko jika ada banyak hewan lain, apalagi terkait unggas dan sejenis nya yang justru bisa memangsa semua bibit anda.

3. Pakan

Source image : tokopedia

Terkait dengan pakan, jangkrik biasanya di beri fur ayam sampai ia dewasa. Dari waktu awal telur sampai panen diperkirakan sekitar satu bulan. 

Karena waktu panen yang begitu cepat ini, sebaiknya memang dari awal anda sudah berteman dan kalau bisa banyak relasi terkait konsumen. Mengingat jika jangkrik sudah terlalu dewasa bisa jadi tidak akan laku di pasaran.

Untuk yang masih pemula, jangan terlalu nafsu dengan bibit jangkrik yang langsung banyak. Cobalah 3 sampai 4 kandang saja dulu dengan bibit jangkrik sekitar 1 – 2 kilo saja. Modal dengan bibit 1-2 kilo beserta seluruh kandang dan pakan nya sampai ia siap panen diperkirakan bisa mencapai 1 – 1,3 juta rupiah. Ini tergantung daerah anda, karena memang harga bibit dan kandang juga berbeda. 

Kalau untuk harga pakan, di semua daerah kami yakin masih sama dan kalaupun ada selisih masih bisa dimaklumi dan tidak terlalu besar. Peluang usaha budidaya jangkrik ini memang cukup besar. 

Untuk penyetoran jangkrik hasil panen biasanya akan langsung masuk ke toko burung.  Jika anda pintar strategi marketing, anda bisa melobi lebih dulu berbagai toko pakan burung yang ada di daerah anda.

Nah demikian artikel yang mimin berikan , semoga bermanfaat untuk kalian yang memang sedang mencari peluang usaha karena keadaan saat ini sulit sekali mencari pekerjaan . 

Sekian terimakasihh.


Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Budidaya Jangkrik Pakan Burung, Modal Ribuan Omset Jutaan"