Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pelestarian Seni Budaya Di Indonesia

Pelestarian Seni Budaya Di Indonesia

alfazzablog - Seni merupakan suatu keahlian untuk membuat suatu karya tertentu yang bermutu dan bisa dinikmati oleh seseorang. 

Seni sendiri terdiri dari beberapa macam yaitu seni rupa,seni gerak, seni musik seni teater, seni satra dan banyak seni lainya. Adanya berbagai jenis seni ini tentu diciptakan untuk dinikmati oleh setiap orang.

Negara indonesia ini merupakan negara yang kaya akan seni mengapoa demikian karena Indonesia memilki berbagai macam budaya. Contoh keanekaragaman seninya yaitu seni gerak.

Seni tari di indonesia sendiri mempunya berbagai jenis tari seperti tari saman, tari bedana, tari piring, tari jaipong, tari tor-tor dan masih banyak lari tari yang alain yang ada did daerah-daerah yang ada dalam wilayah indonesia.

Sebagai negara yang kaya akan seni budaya tentu saja memilki kewajiban untuk melestarikan budaya tersebut, namun seiring dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini satu persatu budaya yang ada di Indonesia terkikis atau mulai hilang.

Untuk menghindari hilangnya budaya yang ada di Indonesia dan menambah wawasan pemerintah indonesia mengadakan pembelajaran terkait seni budaya yang ada dala pendidikan formal yang mana biasanya mata pelajaran tersebut disebut mata pelajaran seni budaya.

Didalam mata pelajaran tersebut biasanya mempelajara terkait berbagai macam seni yaitu seni rupa, seni musik dan seni tari. 

Dalam mata pelajaran tersebut biasanya siswa tidak hanya mebaca tau menulis melainkan disertai dengan praktek yaitu praktek menggambar, menari dan bernyanyi baik dilakukan secra individu maupun kelompok. 

Dengan adanya mata pelajaran tersebut diharapkan dapat membuat siswa mengenal budaya yang ada dinegara kita dan terpacu untuk melestarikan budaya tersebut. 

Bukan hanya didunia pendidikan saja kita bisa mempelajari seni buda namun dikehidupan sehari-hari juga kita bisa belajar mengenai seni budaya.

Kita sebagai generasi mileneal tentu saja memilki kewajiban untuk melestaruikan budaya yang kita miliki di negara kita ini. 

Bernbagai caraharus kita lakukan agar budaya yang kita milki tetap lestari dan terus dikenal dunia atau mancanegara.

Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk tetap dapat melestarikan budaya yang kita miliki tentu bisa dilakukan dengan mengadakan lomba-lomba antar daerah.

Hal ini tentu saja akan memacu seseorang atau kelompok untuk berlatih mengenai budaya mereka masing-masing yang tujuannya agar mereka bisa menang dan budaya nya dapat dikenal. 

Selain dengan adanya lomba dapat memacu suatu kelompok untuk berlatih dengan adanya lomba ini juga dapat memberi pengetahuan baru terhadap seorang yang menonton kegiatan perlombaan tersebut. 

Selain mengadakan lomba kita juga bisa mengikuti lomba-lomba baik tnngkat nasional maupun Internasional hal ini tenutu saja dapat memberi pengaruh baik terhadap seni budaya yang kita miliki.


Posting Komentar untuk "Pelestarian Seni Budaya Di Indonesia"