Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Simak Ini, Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot 2021

Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot 2021

Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot 2021

cara mengatasi wifi indihome lemot - Tidak dipungkiri lagi bahwa kebutuhan akan WiFi sangat penting sekarang ini. Namun ada beberapa provider internet contohnya indihome , sering kali menemui masalah wifi nya yang lemot , sehingga banyak orang kepo penyebab wifi indihome lemot tersebut.

Bagaimana tidak lemot, segala kegiatan dilakukan dengan menggunakan internet sehingga memerlukan jaringan yang berkualitas baik. 

Belum lagi sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia sehingga cara belajar, bekerja, bersosialisasi, dan semua kegiatan berubah menjadi kegiatan daring yang sangat membutuh kecepatan WiFi .

baca juga artikel 14 Aplikasi Remote Desktop Selain Teamviewer Gratis dan Keren 2021

Berbagai macam provider internet sudah menyediakan layanan internet yang baik sesuai dengan kecepatan yang dibutuhkan oleh pengguna. Mereka juga senantiasa berinovasi demi memberikan layanan internet terbaik ke seluruh pelosok negeri. Belum lagi jika melihat Indonesia sebagai negara kepulauan maka perbedaan jaringan internet antara satu daerah dan yang lainnya tentu masih mengalami ketimpangan.

Salah satu provider yang menyediakan layanan WiFi adalah Indihome. Provider pelat merah milik pemerintah ini berada di bawah naungan PT Telkom. Sehingga jaringan Indihome sudah meluas ke seluruh wilayah Indonesia. Hampir semua tempat sudah bisa merasakan manfaat dari jaringan WiFi ini. 

Meski begitu, seringkali jaringan tersebut tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita. Apabila sedang rapat daring, menonton video atau film seringkali terjadi buffering atau yang sering di sebut dengan lemot. Dari sini tentu kita akan merasa kesal dan ingin mendapatkan layanan terbaik karena kita sudah membayar mahal untuk layanan tersebut.

Penyebab jaringan lemot sebenarnya karena banyak hal misalnya saja alasan cuaca, sinyal yang kurang bagus di daerah kamu,  penempatan router yang kurang tepat, banyaknya pengguna, atau juga yang lainnya. Kamu harus tahu dulu penyebabnya. Akan tetapi jika sebabnya telah ditemukan dan masih saja terjadi, maka mimin akan memberikan cara mengatasi jaringan indihome lemot.

Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot 2021

1. Merestart router

Cara ini merupakan cara pertama yang dapat kamu lakukan apabila internet kamu lemot. Nah kamu bisa menekan tombol power di router, biarkan dia mati sebentar lalu hidupkan kembali sehingga semua data bisa ter- refresh kembali.

Selama penggunaan seringkali ada beberapa error yang terjadi sehingga menyebabkan kinerja router memburuk. Jika kamu menghubungi CS Indihome pun biasanya hal pertama yang disarankan adalah merestart kembali router kamu. 

Pastikan juga kabel router tidak ada yang rusak karena terpotong, digigit tikus, atau yang lainnya. Karena masalah ini tentu mengganggu konektivitas internet kamu.

2. Menempatkan router di tempat terbaik

Seringkali kamu bingung menempatkan router Indihome. Syaratnya untuk mendapatkan sinyal yang baik adalah dengan menempatkannya di tengah ruangan sehingga semua orang berada di dalam jangkauan rumah tersebut mendapatkan sinyal yang baik. Selain itu juga jika sinyal terhalang oleh dinding tebal maka kecepatannya juga akan berkurang. 

Jauhkan router dari barang-barang elektronik lain karena akan sangat mengganggu sinyal yang dipancarkan. Selain itu juga jika kamu menempatkannya semakin tinggi, maka pancaran sinyalnya juga akan semakin kuat. 

3. Pakai Wifi extender

Merupakan alat hardware yang dapat dipasang untuk meneruskan sinyal WiFi sehingga jika kamu biasanya berada di tempat yang agak jauh dari router maka akan mendapatkan sinyal terbaik dengan network extender ini. Perangkat ini juga cukup murah dan tidak terlalu mahal sehingga kamu dapat memasang alat ini dekat dengan kamar kamu.

4. Menggunakan mode jaringan tamu

Lemotnya sinyal WiFi yang kamu gunakan karena banyaknya orang yang menggunakan jaringan tersebut. Misalnya saja, WiFi di rumah kamu digunakan oleh banyak orang karena kamu memiliki banyak kerabat, saudara, ataupun orang-orang yang berkunjung ke rumah. 

Untuk menjaga koneksimu tetap stabil maka kamu bisa mengaktifkan mode jaringan tamu di router. Sehingga tamu yang mengakses WiFi kamu hanya akan mendapatkan akses yang terbatas. Sedangkan kamu, tetap mendapatkan akses premium jika menggunakan layanan ini.

5. Menghapus cache di browser

Setiap kamu menggunakan internet pastinya menggunakan browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan juga browser yang lainnya. Nah saat kamu mengakses berbagai situs dengan menggunakan browser tersebut maka banyak sisa-sisa browsingan kamu tersimpan di memori browser. Hal ini di sebut dengan cache. Cache ini perlu dihapus karena dapat membebani kerja internet Anda. Maka dari itulah pentingnya menghapus cache untuk memperlancar jaringan. 

6. Memperbaharui software pada router

Setiap provider memiliki router yang berbeda termasuk juga Indihome. Selain perangkat keras berupa fisik router, maka mereka juga menggunakan software yang berada di komputer atau laptop untuk menjalankan program di router tersebut. Software ini juga berfungsi untuk melihat jaringan pengguna di WiFi kamu, bandwith data, dan aktifitas yang dilakukan. Maka dari itu penting untuk selalu mengupdate software ini karena akan sangat memudahkan kamu dalam mengatasi jaringan yang lemot.

7. Cek settingan router

Router sebagai inti dan pusat dari jaringan internet yang kamu gunakan harus di setting dengan baik. Misalnya saja kamu menggunakan router Indihome yang memiliki settingan MTU terlalu rendah atau terlalu tinggi. Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi kinerja jaringan WiFi kamu. Jadi, pastikan bahwa semua settingan router sesuai dengan yang disyaratkan oleh Indihome sehingga tidak mengganggu sinyal.

8. Pastikan tidak terjangkit malware dan worm

Malware dan worm adalah sejenis virus software yang dapat menyerang perangkat komputer dan juga perangkat internet. Maka dari itu kamu harus sering mengupdate antivirus untuk bisa membasmi hal ini. Biasanya, jika tidak ada masalah di hardwarenya, mungkin saja perangkat Indihome kamu terinfeksi malware dan worm sehingga menjadi sangat lambat kinerjanya. Jika kamu masih ragu setelah melakukan pengecakan antivirus maka kamu dapat mereset perangkat tersebut.

9. Mengecek background program

Sebenarnya saat kamu menggunakan komputer, secara tidak sadar ada beberapa program yang membutuhkan internet dan kamu tidak mengetahuinya karena mereka tersembunyi dan tidak tampil di layar. Background ini biasanya juga menggunakan jaringan internet kamu sehingga menjadi lemot. Kamu sebaiknya membersihkan program tersebut. Akan tetapi tetap hati-hati dan pilih dengan baik karena bisa jadi program tersebut meruakan program utama dan dibutuhkan oleh perangkat kamu. Pastikan kamu mengetahui fungsinya.

10. Kontak customer service Indihome

Kalau kamu tidak juga menemukan solusi yang tepat mengatasi internet lemot di perangkatmu, maka kamu dapat mengkontak customer service Indihome. Disana, mereka akan menanyakan apa kendala dan permasalahanmu sehingga mereka dapat membantu memperbaikinya dari jauh baik itu mereset router, merefresh jaringan melalui komputer, atau solusi yang lain. Apabila memang kerusakan tidak tertangani, maka kamu bisa meminta teknisi mereka untuk datang ke rumah kamu memperbaiki jaringan yang rusak.

Itu tadi beberapa cara mengatasi WiFi indihome lemot 2021 yang bisa kamu lakukan. Karena internet sudah seperti kebutuhan dasar untuk orang yang beraktivitas, maka koneksi dan kualitasnya harus tetap terjaga. Indihome sebagai penyedia layanan juga senantiasa memberikan pelayanan terbaik agar bisa terus diterima dan digunakan di masyarakat.

Posting Komentar untuk "Simak Ini, Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot 2021"