Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Sosiologi Ketimpangan Sosial Beserta Dampak yang Ditimbulkan

Materi Sosiologi Ketimpangan Sosial Beserta Dampak yang Ditimbulkan

Alfazzablog.com – Ketimpangan sosial adalah suatu kondisi tidak seimbangnya di masyarakat karena strata sosial, status sosial maupun ekonomi. 

Walaupun manusia sering dianggap sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain, namun kecenderungan untuk menjadi pihak yang berkuasa juga akan selalu ada. 

Hal itulah yang menimbulkan terjadinya ketimpangan sosial di tengah-tengah masyarakat.

Penyebab paling tinggi juga karena adanya kesenjangan sosial mengenai kesejahteraan sosial yang tidak merata antara satu dengan lainnya. 

Lantas apa saja bentuk ketimpangan sosial yang terjadi, berikut ini penjelasan dari Alfazzablog.com.

1. Ketimpangan Antar Pribadi Masyarakat

Ketimpangan Antar Pribadi Masyarakat

Ketimpangan sosial yang terjadi antar pribadi masyarakat terjadi karena perbedaan pola pikir antar individu baik dari segi pendidikan dan pengembangan diri. 

Masyarakat dengan kelas sosial di bawah sebagian besar tidak memilih bersekolah atau mengenyam bangku pendidikan, sehingga pola pikir yang dimiliki kurang luas dan sempit wawasan dibanding masyarakat kelas sosial menengah keatas yang dapat mencicipi bangku pendidikan.

2. Ketimpangan Antar Fasilitas

Ketimpangan Antar Fasilitas

Ketimpangan sosial ini terjadi akibat perbedaan fasilitas yang ada seperti fasilitas antara desa dan kota. 

Adanya ketimpangan sosial yang terjadi menimbulkan ketimpangan sosial antar masyarakat desa dan kota yang dimana di kota dapat menikmati fasilitas yang memadai seperti akses jaringan internet, transportasi dan lain-lain. 

Sedangkan di desa biasanya mempunyai fasilitas yang cukup kurang seperti jalan distribusi yang rusak, akses internet yang susah, dan lain-lain. 

Sehingga ketimpangan sosial sangat sering terjadi dan sampai sekarang ini juga masih banyak terjadi di sekitar lingkungan.

3. Ketimpangan Antar Status Golongan

Ketimpangan Antar Status Golongan Miskin

Ketimpangan sosial yang terjadi karena perbedaan status golongan memberikan dampak yang cukup besar terhadap kesenjangan sosial yang terjadi. 

Adanya perbedaan status menjadikan sosialisasi antar masyarakat kadang menjadi terganggu. 

Biasanya masyarakat dengan golongan kelas sosial tingkat atas akan bersosialiasi dengan masyarakat setingkatnya, masyarakat kelas sosial menengah juga akan bersosialiasi dengan masyarakat setingkatnya, ataupun masyarakat dengan kelas sosial bawah juga akan bersosialisasi dengan masyarakat kelas sosial bawah juga. 

Adanya perbedaan status golongan akibat perbedaan kelas sosial menimbulkan kecemburuan sosial akibat tidak meratanya kesejahteraan yang terjadi.

Sehingga sosialisasi yang terjadi di masyarakat juga akan tertanggu yang dapat menyebabkan kerukunan di masyarakat juga semakin berkurang.

Dampak Adanya Ketimpangan Sosial di Masyarakat

Setelah mengetahui bentuk-bentuk ketimpangan sosial, tentu dengan adanya ketimpangan sosial yang negatif akan menimbulkan dampak negatif pula yang terjadi dimasyarakat, diantaranya sebagai berikut.

Kemiskinan

Akibat adanya ketimpangan sosial maka akan ada kesenjangan baik pembangunan fasilitas dan ekonomi yang tidak merata maka akan menimbulkan kemiskinan yang terjadi di masyarakat akibat tidak tersedianya lapangan pekerjaan yang cukup dan kurangnya wawasan sekaligus skill yang dimiliki oleh masyarakat.

Kriminalitas

Kriminalitas terjadi akibat adanya kemiskinan di dalam masyarakat. Jika masyarakat secara luas kesejahteraan hidupnya masih rendah dan angka kemiskinan masih tinggi, tentu kriminalitas juga akan tetap tinggi. 

Karena kriminalitas cenderung terjadi akibat adanya ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan ekonominya baik tidak ada lapangan pekerjaan yang tersedia atau kesejahteraan hidup yang rendah, sehingga menimbulkan pola pikir untuk mencari jalan pintas dengan cara melakukan tindakan kriminal demi memenuhi kebutuhan hidup.

Kurangnya Kepekaan Sosial

Dengan adanya ketimpangan sosial tentunya akan menimbulkan kurangnya kepekaan sosial yang terjadi di dalam masyarakat, seperti sikap yang cenderung individualistik dan cenderung tidak peka terhadap sesama baik yang membutuhkan pertolongan atau bantuan.

Nah itulah penjelasan mengenai materi sosiologi dengan bahasan ketimpangan sosial dari Alfazzablog.com, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kamu lebih dalam mengenai ketimpangan sosial yang terjadi di lingkungan sekitar.


Posting Komentar untuk "Materi Sosiologi Ketimpangan Sosial Beserta Dampak yang Ditimbulkan"