Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Tips Dekorasi dan Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit - Bertambahnya tahun maka secara otomatis populasi penduduk akan meningkat , hal ini mengakibatkan lahan diperkotaan atau dipedesaan semakin sempit dan akan sulit untuk membuat taman minimalis di lahan sempit ataupun membuat desain taman minimalis di dalam rumah sekalipun.

Memiliki rumah yang lengkap dengan taman minimalis akan menjadi idaman setiap orang. Akan tetapi kenyataannya saat ini cukup sulit untuk mendapatkan rumah yang lengkap dengan tamannya. 

Mengapa? Karena memang lahan diperkotaan memang semakin sempit ditambah lagi jumlah penduduk dan permintaan akan rumah yang semakin meningkat. Maka dari itulah rumah tapak yang dijual sekarang luasannya berkisar dari 60-200 m2 apabila di wilayah perkotaan. 

Jika membeli apartemen maka hanya akan mendapatkan rumah dalam bentuk kamar-kamar di berbagai variasi lantai. Jangankan membuat taman yang luas, terkadang space yang dimiliki juga sangat terbatas.

Maka dari itulah kadang-kadang orang tidak membuat taman di area rumahnya. Belum lagi, banyak yang berpikir bahwa biaya membuat taman cukup mahal sehingga mereka juga berpikir dua kali untuk menghabiskan uangnya demi menghias rumah.  

Eitss jangan putus asa dulu. Membuat taman di sekitar rumah tidak semahal dan sesulit yang dibayangkan kok. Asalkan Anda memiliki ide yang menarik unutk memanfaatkan lahan sempit, mampu mendesain dengan sangat baik menggunakan material yang murah. Tentu hasil memuaskan dari taman Anda akan terlihat. 

Sebagai inspirasi taman Anda ayo kita simak artikel berikut ini terlebih dahulu.

Cara membuat Taman kecil di depan rumah

Sebelum berpikir untuk membuat desain taman depan di rumah kecil, Anda harus memiliki prinsip terlebih dahulu bahwa rumah yang Anda tinggali, apapun bentuknya merupakan hasil dari perjuangan dan kerja keras selama ini. Baik Anda sudah membeli dan menjadikannya hak milik ataupun masih membayar sewa. Meski menyewa, Anda juga bekerja keras untuk membayar sewanya.

Oleh karena itu rumah yang Anda tempati harus memberikan rasa nyaman bagi Anda ketika pulang ke rumah. Salah satu cara membuat nyaman adalah dengan membuat taman Minimalis di dalam area rumah. Di bawah ini akan kita bahas mengenai Cara buat Taman mini depan rumah:

1. Inspirasi Taman depan rumah

Biasanya orang-orang memiliki taman di bagian depan untuk memaksimalkan area rumahnya. Taman depan ini akan memperlihatkan betapa nyaman dan asrinya rumah Anda. 

Orang yang melihat dari depan atau berkunjung ke rumah akan dapat menikmati taman bagian depan. Jadi, sifatnya lebih kepada taman publik.

2. Desain Taman Belakang sempit

Sedangkan bagian taman ini biasanya diperuntukkan untuk si pemilik rumah dan keluarganya. Taman belakang biasanya merupakan tempat berkumpulnya keluarga, sahabat, dan teman secara lebih privat. Letaknya di belakang juga tidak memungkinkan untuk semua orang masuk ke area privat si pemilik rumah.

3. Taman Minimalis samping rumah

Taman ini letaknya di antara rumah bagian depan dan belakang. Seringkali taman ini digunakan untuk bersantai di pagi hari maupun sore hari jika suasananya mendukung berada di luar ruangan. 

4. Taman sudut

Area ini biasanya dapat Anda manfaatkan apabila rumah yang ditempati memiliki halaman yang sangat sempit. Jangan pikir kalau Anda tidak bisa membuat taman cantik di bagian sudut. Taman ini akan menambah kesan asri dan hijau dari rumah Anda.

5. Taman teras

Kalau rumah Anda sempit, maka dapat memanfaatkan teras sebagai taman. Anda dapat menempatkan pot-pot tanaman yang ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu taman teras yang cantik. 

6. Taman menuju ke rumah

Inspirasi ini juga cocok untuk Anda yang ingin membuat jalan masuk ke rumah lebih hijau. Meski di lahan sempit, Anda bisa menatanya dengan baik menempatkan pijakan kaki untuk masuk ke dalam, hiasi dengan rerumputan hijau tan tanaman kecil yang tidak mengganggu.

7. Taman atap

Cocok untuk Anda yang memiliki rumah bertingkat, maka dapat membuat taman di bagian atap. Saat ini banyak ide rooftop garden selain untuk menyerap air hujan yang ada di atap juga dapat mempercantik bagian rumah ini. Tapi pikirkan drainase dan juga pembuangannya ya, jangan sampai membuat taman atap malah menyulitkan Anda.

8. Taman balkon

Kalau yang satu ini cocok untuk Anda yang memiliki rumah dengan tipe apartemen dan berada di lantai atas. Balkon yang sempit juga dapat dimanfaatkan untuk taman kecil. Misalnya dengan menambah aksen rumput, menempatkan pot tanaman, atau memelihara tanaman lucu seperti kaktus yang mudah tumbuh di daerah yang minim tanah dan air.

Ide Desain Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit

Setelah Anda mengetahui dimana akan membuat taman minimalis, maka Anda bisa mulai memikirkan taman minimalis seperti apa  yang Anda inginkan. 

Mulailah berpikir desain atau style apa yang diinginkan. Misalnya membuat taman Jepang, taman bergaya Bali, membuat taman minimalis dengan bentuk sederhana, membuat taman dengan kolam ikan yang lebih natural, atau berbagai ide yang lainnya. Penempatan tanaman juga harus diperhatikan. Apakah ingin menggunakan tanaman bunga, tanaman perdu, rerumputan, atau bahkan tanaman hias yang saat ini sedang ngetrend. Semuanya harus dipikirkan. Mulailah dengan memikirkan konsepnya dan tata letaknya.

Sebagai inspirasi data memikirkan taman seperti apa yang Anda inginkan, akan dibahas beberapa elemen lansekap taman yang mungkin menarik untuk Anda.

1. Taman vertikal

Jika membuat taman di lahan sempit, maka membuatnya menjadi vertikal adalah salah satu solusinya. Anda bisa menempatkan beberapa tanaman perdu, paku-pakuan, tanaman merambat di dinding. Anda juga harus memperhatikan media menempelnya akar di dinding dan teknik penyiramannya. Jika diatur dengan baik, taman vertikal sangat mudah dirawat dan juga cocok untuk lahan terbatas.

2. Gunakan batu pijakan

Batu pijakan atau stepping stone di dalam taman akan menambah kesan lebih menyatu dengan pemiliknya. Karena sang pemilik dapat berinteraksi langsung di dalam taman tanpa merusak tanaman dan rumput yang ada. Menggunakan batu pijakan juga dapat menimbulkan kesan untuk mengarahkan Anda pada suatu objek tertentu. Misalnya di ujung taman minimalis tersebut ada bangku tempat duduk-duduk, atau elemen lainnya.

3. Menambahkan unsur air dan kolam

Hal ini juga menarik diterapkan di taman minimalis. Dengan adanya unsur air taman akan tampak lebih segar. Jika memungkinkan peliharalah beberapa ikan kecil di dalam kolam sehingga terdapat berbagai aneka kehidupan dalam ekosistem taman Anda yang membuatnya lebih menarik. 

4. Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan utamanya pada malam hari cukup penting unutk menimbulkan kesan indah pada sebuah taman. Meskipun taman yang Anda miliki hanya berukuran kecil, dengan pengaturan pencahayaan dan lampu taman yang menarik, maka taman Anda akan terlihat istimewa. 

5. Gunakan ornamen landskap

Anda dapat menambahkan bentuk seperti tempat lampu dari batu, atau air mancur yang mirip patung dan bentuk tertentu juga unik. Tentunya disesuaikan dengan konsep dan selera Anda. Jika ingin menambahkan bangku taman bisa juga dilakukan dengan menatanya bersama beberapa tanaman.

Itulah beberapa ide dan desain taman minimalis di lahan sempit. Jangan takut untuk berkreasi di dalam membuat desain, karena taman yang indah dan menarik tentunya harus membuat betah dan nyaman bagi pemilik yang mendiami rumah tersebut.

Posting Komentar untuk "10 Tips Dekorasi dan Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit"