Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Dampak yang Disebabkan oleh Blue Light pada Gadget

Dampak yang Disebabkan oleh Blue Light pada Gadget

Alfazzablog - Terdapat sebuah penelitian membuktikan bahwa blue Light atur cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget bisa mengganggu pola tidur dan kerja otak. 

Jadi blue Light Ini bisa memberikan efek buruh pada pola tidur yang berkaitan dengan beberapa bagian tertentu seperti mata, otak, dan tubuh. 

Berdasarkan hasil yang diterangkan oleh Dr, Michael Breus bahwa blue light yang dipancarkan oleh gadget merupakan istilah yang menunjukkan pada panjang gelombang cahaya antara 460 hingga 490 nanometer. 

Hal tersebut merupakan panjang gelombang cahaya terpendek dan biasa ditemukan pada perangkat elektronik seperti gadget yang tidak mempunyai penyesuaian cahaya. 

Terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa blue light bisa mempengaruhi beberapa bagian internal tubuh. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai efek blue light pada gadget yang dilansir Bustle.com.

Dampak Buruk Blue Light Bisa Mengganggu Produksi Melatonin

Melatonin merupakan hormon yang mempunyai tugas mengatur reaksi tubuh ketika tidur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blue light bisa mempengaruhi produksi melatonin dalam otak. 

Melatonin tersebut menyebabkan manusia tidak tidur. tetapi sebaliknya hal itu serupa layaknya sinyal kotak untuk memulai proses memasuki kondisi kantuk .

Hal itulah yang menyebabkan mengapa blue light dipasarkan sebagai cara untuk menyesuaikan kembali pola tidur, bukan untuk dijadikan bantuan untuk segera tidur. 

Blue light pada gadget mempunyai efek langsung pada kadar melatonin. Cahaya biru menekan melatonin sebab mereka menandakan bahwa sudah waktunya untuk bangun. 

itulah mengapa sangat penting mencoba tidur di kamar yang gelap dan menyingkirkan semua jenis cahaya. Sebab blue light mungkin bisa sangat merusak produksi melatonin di malam hari sehingga seseorang sulit tidur.

Dampak Positif Blue Light

Walaupun blue light pada gadget bisa memberi dampak negatif yaitu membuat seseorang sulit tidur, tetapi blue light juga tidak sebegitu berbahaya seperti yang dipikirkan. 

Blue light dapat mempengaruhi protein tertentu di dalam mata yang disebut dengan sel melanopsin. Protein tersebut yang mengirim pesan ke organ otak seputar produksi melatonin. 

Cahaya biru yang dapat dilihat pada malam hari yang dipancarkan oleh gadget ini tidak seburuk yang dipikirkan. 

Memang benar jika Blue Light merupakan bisa mengganggu waktu tidur, tetapi sel-sel melanopsin yang ada di dalam mata bisa menyerap lebih banyak cahaya pada panjang gelombang rendah daripada jenis cahaya lainnya seperti blue light.

Dampak positif dari blue light adalah membantu seseorang lebih fokus. Sehingga blue light yang dipancarkan oleh gadget bermanfaat untuk memfokuskan perhatian dan kesadaran seseorang. 

Pada siang hari, blue light yang dipancarkan oleh gadget bisa membantu seseorang lebih terjaga dan fokus serta meningkatkan kinerja kognitif.

Hal ini berkaitan dengan jam tubuh internal dan sinyal yang diterima oleh cahaya. Kecerahan cahaya lah yang sudah mendorong otak untuk menyesuaikan kewaspadaan.

Selain itu blue light pada gadget juga bisa membantu memperbaiki otak. Blue light yang diterima di pagi hari dapat membantu perbaikan otak. 

Bluelight pada gadget bisa membuat kerja otak lebih baik dan juga menunjukkan pertumbuhan volume area otak yang disebut inti pulvinar yang bertanggung jawab untuk perhatian visual. 

Jadi kesimpulannya blue light memang benar bisa mempengaruhi pola tidur seseorang sehingga seseorang sulit tidur atau mengalami insomnia. 

Tapi dibalik itu blue light juga memberikan manfaat untuk membuat seseorang lebih fokus dan sadar di siang hari. Jadi agar tidur berkualitas upayakan untuk tidak bermain gadget sebelum tidur.

Posting Komentar untuk "Dampak yang Disebabkan oleh Blue Light pada Gadget"