Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Soal SKD CPNS 2021 TIU, TWK, TKP | Terlengkap dan Ada Pembahasanya !

Alfazzablog - Ujian seleksi CPNS pada tahun 2021 akan memakai mekanisme Komputer Assisted Tes (CAT). Jika kamu masih bimbang dengan beberapa bentuk dari soal tes kelak, kerjakan latihan contoh soal SKD CPNS berikut dapat menolong kamu lho.

soal twk dan pembahasan ,contoh soal tiu ,contoh soal skd , soal tiu dan pembahasan ,soal tiu cpns ,contoh soal twk , contoh soal skb , soal tkp dan pembahasan, contoh soal tkp.

Contoh Soal SKD CPNS 2021 TIU, TWK, TKP Lengkap dengan Pembahasannya

Tes SKD CPNS

Berdasar launching Kementerian PANRB, soal seleksi kapabilitas dasar (SKD) untuk tes CPNS dan PPPK sudah diterima Panselnas. Untuk jaga kerahasiaan dan kebocoran soal, dokumen diberi berbentuk document digital yang sudah diendscript.

Dengan diserahkannya dokumen soal itu, karena itu seterusnya team Panselnas akan lakukan proses penghasilan ke mekanisme CAT Tubuh Kepegawaian Negara yang bakal dipakai dalam seleksi nanti.

Dalam SKD, nanti bakal ada tiga tipe tes yang ditestingkan yakni Tes Wacana Berkebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakter Individu (TKP).

Contoh Soal SKD CPNS

Pendaftaran CPNS sudah ada di depan mata, apakah dalam waktu dekat ini kalian sudah mempersiapkan dengan baik pren? Apa sudah mulai kerjakan latihan soal tes?

Baca juga artikel saya mengenai Turorial Lengkap Pendaftaran CPNS Di Portal SSCN 2021

‍Contoh Soal SKD CPNS TIU

TIU CPNS adalah tes untuk yang mengetes kekuatan verbal, nalar, numerik, dan analitis. Berikut contoh soal CPNS TIU yang dapat kamu lakukan.

Dalam tes numerik ini, sebagai referensi kamu ketika akan kerjakan soal matematika CPNS kelak, berikut kategorisasi contoh soal matematika CPNS yang kerap ada, seperti berikut:

  1. Bilangan Bulat
  2. Bilangan Pecahan
  3. Pangkat dan Akar
  4. Persamaan Kuadrat
  5. Bangun Ruang
  6. Bangun Datar
  7. Deret dan Baris
  8. Aritmatika Sosial
  9. Skala
  10. Statistik
  11. Peluang
  12. Jarak, Kecepatan, Waktu

Berikut contoh soal matematika CPNS yang kemungkinan kamu dapatkan dalam tes nanti.

SOAL 1

Sari dan Ratih mempunyai satu tugas. Saat yang diperlukan oleh Sari dalam mendapatkan uang ialah 21 menit, sedang Ratih memerlukan waktu 42 menit. Bila Sari dan Ratih bekerja bersama untuk mendapatkan uang, saat yang diperlukan ialah …

A. 14 menit

B. 21 menit

C. 28 menit

D. 35 menit

E. 42 menit

Jawaban: A


Selainnya akan mendapati soal matematika, dalam tes TIU kamu akan mendapati soal nalar dan verbal mirip contoh soal di bawah ini.

SOAL 2

Prestasi Intan semakin tinggi dari Awal serta lebih rendah dari Tina. Prestasi Elok lebih rendah dari Intan, tapi semakin tinggi dari Awal. Prestasi Dani semakin tinggi dari Awal dan Elok. 3 orang berprestasi terbaik ialah …

A. Dani, Intan, Tina

B. Dani, Awal, Tina

C. Intan, Tina, Elok

D. Intan, Dani, Elok

E. Tina, Elok, Awal

Jawaban: A

SOAL 3

Afrika Selatan : Pretoria =... :...

A. Kanada : Canberra.

B. Ekuador : Quito.

C. Kamerun: Astana.

D. Maroko : Cetinje.

E. Nigeria : Wellington.

Jawaban: B

Jalinan analogi pada soal itu yakni ibu-kota satu negara.

Afrika Selatan mempunyai ibu-kota Pretoria.

Hal itu analog dengan pilihan B, di mana Ekuador mempunyai ibu-kota Quito.

Ibu-kota Kanada = Ottawa.

Ibu-kota Kamerun = Yaounde.

Ibu-kota Maroko = Rabat.

Ibu-kota Nigeria = Abuja.

Contoh Soal SKD CPNS TKP

Tes Karakter Personalitas (TKP) ini ialah tes yang dipakai untuk mengetes karakter kamu. Tes ini berisi rangkaian beberapa soal yang mewajibkan kamu pilih perlakuan tertentu. Tidak ada jawaban salah atau benar dalam soal TKP.

Dari hasil tes ini akan memberikan apa kekurangan dan kelebihan yang kamu punyai yang dipakai sebagai bahan pemikiran akseptasi.

Berikut contoh beberapa soal TKP yang bisa saja akan ditestingkan dalam SKD CPNS 2021.


SOAL 1

Saat seleksi kades sedang berjalan pada tempat tinggal Anda. nenek anda yang memiliki hak pilihan dalam seleksi kades tapi di saat pencoblosan nenek dirawat di dalam rumah sakit. Apakah yang anda kerjakan....

A. Memberikan laporan kondisi nenek ke panitia pemungutan suara

B. Memberikan laporan kondisi nenek ke panitia pemungutan suara untuk tentukan cara yang perlu dilakukan

C. Memberikan laporan dan memberitahukan keadaan nenek ke panitia pemungutan suara untuk diwakili anda memakai hak pilihnya

D. Memberikan laporan kondisi nenek ke panitia pemungutan suara untuk minta bantuan seseorang memakai hak pilihnya

E. Biarkan hak suara nenek hangus

Ulasan

Jawaban: BACDE

jaringan kerja ­čí¬ kerja-sama dan kerjasama dengan panitia pemungutan suara

Hak pilihan ialah suatu hal hak yang memiliki sifat individual dan tidak dapat diwakilkan oleh siapa saja.

Opsi E, Biarkan hak suara nenek hangus pasti tidak memiliki sifat solutif dalam hadapi permasalahan itu.

Opsi DC, bukan opsi yang pas, ingat hak pilihan tidak dapat diwakili.

Opsi terbaik ada di opsi AB.

Dan sudah pasti opsi B ialah opsi yang lebih bagus dibanding A, karena bukan hanya memberikan laporan keadaan itu ke panitia pemungutan suara tetapi lebih dari itu menimbang cara yang diambil untuk menangani permasalahan itu.


SOAL 2

Edi barusan diterima bekerja di salah satunya pabrik pemrosesan kayu. Sebagai karyawan baru, pasti Edi belum terlampau mengenali beberapa jenis tugas dan langkah menyelesaikannya. Satu malam, mendadak Edi ditugaskan manajernya untuk menuntaskan pekerjaan seorang partnernya yang mendadak memilih untuk keluar dan stop bekerja. Edi terang terkejut dan kesusahan dengan penempatan itu, tetapi dia tidak punyai alternatif lain selainnya jalankan perintah atasan. Apa lagi manager barusan memang memberinya pekerjaan itu karena takjub menyaksikan trek record Edi sebagai mahasiswa alumnus terbaik.

Menurut Anda, apa yang perlu dilaksanakan Edi?

A. Minta seseorang kerjakan asal dapat usai on time.

B. Selekasnya usaha mengawali dan menuntaskan sedapatnya saja yang perlu usai.

C. Tak perlu cepat-cepat menyelesaikannya karena tugas itu bukan pekerjaan dasarnya.

D. Selekasnya usaha mengawali untuk menuntaskan pekerjaan itu dan usaha menyelesaikannya sesempurna mungkin. 

E. Menanyakan dan menawar manajernya sebab menganggap takut hasilnya tidak optimal.

Ulasan

Jawaban: DEBAC

A. Minta seseorang kerjakan asal dapat usai on time. tidak professional

B. Selekasnya usaha mengawali dan menuntaskan sedapatnya saja yang perlu usai. tidak optimal dalam bekerja

C. Tak perlu cepat-cepat menyelesaikannya karena tugas itu bukan pekerjaan dasarnya. (memandang rendah tugas, tidak profesional)

D. Selekasnya usaha mengawali untuk menuntaskan pekerjaan itu dan usaha menyelesaikannya sesempurna mungkin.

E. Menanyakan dan menawar manajernya sebab menganggap takut hasilnya tidak optimal. (melakukan jaringan kerja, tapi tidak PD)

profesionalisme ~> melakukan tupoksi sebagus mungkin dengan optimal

profesionalisme dan semangat berprestasi

Berdasar ketetapan di atas karena itu seorang dituntut untuk melakukan tanggung-jawab kerja berdasar pekerjaan dan perannya sekalian berusaha untuk memberinya yang terbaik dalam tiap pekerjaan yang diberi.


SOAL 3

Anda dipilih sebagai ketua aktivitas. Atasanmu memberinya pekerjaan untuk mempersiapkan pentas seni acara ulang tahun perusahaanmu yang ke-21 karena setiap kantor cabang harus tampilkan pertunjukannya. Perlakuan yang anda kerjakan....

A. Berusaha keras membuat panitia penyiapan pentas seni ulang tahun perusahaan

B. Menunjuk beberapa anggota untuk tampil pada pentas seni ulang tahun perusahaan

C. Kumpulkan semua anggota untuk mengulas bersama penyiapan pentas seni ulang tahun perusahaan

D. Lakukan voting untuk memutuskan penyiapan pentas seni ulang tahun perusahaan

E. Menunjuk beberapa anggota untuk tampilkan pentas seni yang mengusung kebudayaan bangsa

Ulasan

Jawaban: CDAEB

Seperti sudah diterangkan awalnya: "Dalam hubungan dengan topik kepimpinan, karena itu yakinkan jika komunikasi dan koordinir jadi keyword dari tiap peraturan atau perlakuan yang bakal diambil dengan seorang pimpinan".

opsi BE bukan perlakuan yang pas karena kata "menunjuk" tidak sesuai nilai komunikatif dan koordinatif seorang pimpinan.

Opsi A bukan opsi yang pas, ingat membuat panitia tidak memerlukan usaha keras.

Selain itu membuat panitia saja tidak bisa menuntaskan permasalahan karena pasti memerlukan kebersama-samaan untuk mengulas dan membahas mengenai penerapan pentas seni.

Opsi D, lakukan voting menjadi alternative penuntasan permasalahan untuk ke arah mufakat. Tetapi, sudah pasti voting bukan perlakuan awalan yang dapat dilakukan karena voting cuman dilaksanakan saat ada ketidaksamaan opini yang tidak terlewati . Maka, opsi c ialah opsi yang terbaik karena memperlihatkan komunikasi dan koordinir dengan anggota secara baik pada usaha melakukan pentas seni secara baik.


Contoh Soal SKD CPNS TWK

Tes satu ini ialah tes yang bakal mengetes berapa dalamkah pengetahuan kamu berkenaan berkebangsaan Indonesia, yang terbagi dalam Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berdasar tutorial yang di-launching oleh Kesbangpol, materi khusus dalam tes TWK terdiri dari pengetahuan riwayat perjuangan bangsa, peran Indonesia di regional dan global, kekuatan berbahasa Indonesia, dan mekanisme tata negara Indonesia, baik pusat atau wilayah.

Berikut contoh soal TWK untuk seleksi CPNS 2021.

Baca juga artikel contoh 50 soal TWK Pancasila 

SOAL 1

"Setelah 3 hari beruntun anggota-anggota Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai keluarkan pendapat-pendapatnya, karena itu saat ini saya mendapatkan kehormatan dari Paduka Tuan Ketua yang mulia untuk menyampaikan opini saya. Saya akan memenuhi keinginan Paduka Tuan Ketua yang mulia. Apa keinginan Paduka Tuan Ketua yang mulia? Paduka Tuan Ketua yang mulia meminta ke sidang Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai untuk menyampaikan dasar Indonesia Merdeka. Dasar berikut kelak akan saya jelaskan dalam pidato saya ini," demikian kata Bung Karno memulai pidatonya seperti diambil dari http://www.academia.edu, Rabu (1/6/2016). Dalam pidatonya di sidang BPUPKI Bung Karno sudah sampaikan konsep dasar negara yaitu:

A. Berkebangsaan Indonesia; Internasionalisme atau perikemanusiaan; Mufakat atau demokrasi; Perdamaian kekal

B. Peri Berkebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri keTuhanan, Peri Kerakyatan, dan Mufakat

C. Berkebangsaan Indonesia; Internasionalisme atau perikemanusiaan;Mufakat atau demokrasi; Kesejahteraan sosial. Ketuhanan yang berkebudayaan.

D. Peri Berkebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri keTuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat.

E. Ketuhanan YME . Peri Kemanusiaan Berkebangsaan Kerakyatan Keadilan Sosial

Jawaban: C

Di tanggal 1 Juni 1945, Ir.Soekarno sampaikan pidatonya di depan sidang BPUPKI.Dalam pidato itu disodorkan oleh Ir.Soekarno secara lisan saran lima azas sebagai dasar Negara Indonesia yang bakal dibuat,yang terbagi dalam :

1) Nasionalisme atau Berkebangsaan Indonesia;

2) Internasionalisme atau Perikemanusiaan;

3) Mufakat atau Demokrasi;

4) Kesejahteraan sosial; dan

5) Ketuhanan yang berkebudayaan.

Lima azas di atas oleh Ir.Soekarno diusulkan supaya dinamakan "Pancasila".

Proses pendefinisian Pancasila sebagai dasar negara selalu didasari semangat juang yang tinggi.Semangat juang itu tercantum pada nilai-nilai juang seperti berikut:

Ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa; jiwa dan semangat merdeka;cinta tanah air dan bangsa;harga diri yang tinggi sebagai bangsa yang merdeka;pantang mundur dan tidak mengenal menyerah; semangat persatuan dan kesatuan;semangat anti penjajah dan penjajahan; dan lain-lain.


SOAL 2

Ekonomi kerakyatan ialah mekanisme ekonomi yang berbasiskan pada kemampuan ekonomi rakyat.Di mana ekonomi rakyat sendiri sebagai aktivitas ekonomi atau usaha yang sudah dilakukan oleh rakyat umumnya (populer) yang secara swadaya mengurus sumberdaya ekonomi apa yang bisa diupayakan dan terkuasainya, yang seterusnya dikatakan sebagai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) khususnya mencakup bidang pertanian, peternakan, kerajinan, makanan, dll, yang diperuntukkan khususnya untuk penuhi keperluan dasarnya dan keluarganya tak perlu mempertaruhkan kebutuhan warga yang lain.Pembangunan ekonomi kerakyatan mempunyai peran dalam membuat kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Hal itu sesuai bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 1 yang mengeluarkan bunyi.

A. Cabang-cabang produksi yang perlu untuk negara dan yang kuasai hajat hidup banyak orang terkuasai oleh negara

B. Ekonomi diatur sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekerabatan

C. Ekonomi nasional diadakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan konsep kebersama-samaan, efektivitas keadilan, kebersinambungan, wacana lingkungan, kemandirian, dan dengan jaga kesetimbangan perkembangan dan kesatuan ekonomi nasional

D. Cabang-cabang produksi bisa terkuasai oleh perorangan atau Negara

E. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terdapat didalamnya terkuasai oleh negara dan dipakai untuk sebesarnya kemakmuran rakyat

Jawaban: B

Kemakmuran rakyat sebagai arah khusus dari pembangunan ekonomi kerakyatan. Hal itu sesuai bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 1 yang mengeluarkan bunyi: Ekonomi diatur sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekerabatan

bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 2, yakni: "Cabang-cabang produksi yang perlu untuk negara dan yang kuasai hajat hidup banyak orang terkuasai oleh negara"

bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 3, yakni: "Bumi dan air dan kekayaan alam yang terdapat didalamnya terkuasai oleh negara dan dipakai untuk sebesarnya kemakmuran rakyat"

bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 4, yakni: "Ekonomi nasional diadakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan konsep kebersama-samaan, efektivitas keadilan, kebersinambungan, wacana lingkungan, kemandirian, dan dengan jaga kesetimbangan perkembangan dan kesatuan ekonomi nasional"

bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 5, yakni: "ketetapan lebih Ian jut berkenaan penerapan pasal ini ditata dalam undang-undang':

Baca juga artikel 50 SOAL TES Wawasan Kebangsaan ( TWK ) CPNS | UUD 1945 Part 1 


SOAL 3

Pembicaraan di antara Indonesia dan Belanda yang sudah dilakukan di tanggal 10 November 1945. Dalam pembicaraan ini, Indonesia diwakilkan oleh Perdana mentri Sutan Syahrir, sedang Belanda diwakilkan oleh Prof. Schermerhorn

Pembicaraan ini ialah

A. Renville

B. Linggarjati

C. Roem Royen

D. Giyanti

E. Bongaya

Jawaban: B

Pembicaraan Linggarjati dilaksanakan di tanggal 10 November 1946 di Linggarjati. Dalam pembicaraan ini, Indonesia diwakilkan oleh Perdana mentri Sutan Syahrir, sedang Belanda diwakilkan oleh Prof. Schermerhorn.

Itu contoh soal CPNS 2021 TIU, TWK, TKP dari alfazzablog. kalian bisa melihat contoh soal yang lainnya tentunya lebih lengkap dari ini , karna ini cuma rangkuman saja , kalian bisa cari di sini 


Sumber : kitalulus.com

Posting Komentar untuk "Contoh Soal SKD CPNS 2021 TIU, TWK, TKP | Terlengkap dan Ada Pembahasanya ! "