Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Pasang SSD di Laptop HP 14s 2021

alfazzablog.com - Assalamu'alaikum , kali ini mimin akan membagikan artikel cara memasang ssd di laptop HP 14s secara lengkap.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua ya dan mimin doakan semoga selalu diberikan kesehatan dan kelancaran rizky.

Cara Pasang SSD di Laptop HP 14s 2021

Apa itu SSD ?

SSD kepanjangannya adalah Solid-State Drive. SSD memiliki fungsi yang sama seperti Hardisk (HDD). Namun SSD menggunakan sirkuit yang terintegrasi untuk menyimpan data. 

Tak lagi menggunakan keping disk sebagaimana HDD. Dimensi SSD didesain sama dengan dimensi HDD laptop. Jadi, kita bisa mengganti HDD laptop dengan SSD seperti layaknya penggantian HDD ke HDD.

Alasan saya mengganti SSD

Jadi ceritanya ada rekan kerja mimin di kantor , beliau mengalami masalah dengan laptopnya terutama pada kinerja performa laptop yang sangat lambat , sehingga menganggu pekerjaannya.

Apalagi ketika awal booting , laptopnya lama sekali masuk ke home windows , Sehingga beliau ini meminta bantuan ke saya untuk mengecek kondisi laptopnya.

Disini bukan berarti saya pro dalam memperbaiki laptop ya pren , saya masih amatiran kok . lanjut,  Langkah awal saya melakukan pengecekan hardware laptopnya .

Mimin cek apakah ada kabel yang copot atau ada part-part di motherboardnya yang rusak / konslet . Ternyata hardwarenya masih bagus .

Langkah kedua mimin cek kendalanya waktu booting , dan ternyata setiap awal booting laptopnya minta untuk repair drive . Nah mimin disini berasumsi , bahwa sumber error nya itu di harddisknya .

Maka selanjutnya saya melakukan defragment hardisk , repair harddisk , hapus cache / sampah di harddisk sampai format harddisknya , namun tetap saja hasilnya zonk .

Ditarik kesimpulan harddisk di laptop rekan kerja mimin ini rusak , dan perlu diganti . Oh iya laptop ini sistem operasi windowsnya sudah menggunakan SSD bawaan . 

Mimin menyarankan untuk membeli SSD sata 3 di tokopedia ,  jika kalian ingin membelinya bisa klik link ini ssd laptop .

Kenapa pakai SSD ? kenapa gak pakai harddisk saja , toh kan buat penyimpanan saja ? iya bener , mimin tau kok . 

Alasanya simpel sih , dari segi kecepatan , SSD sangat unggul dibandingkan dengan harddisk , karna rekan kerja mimin ini menyimpan file yang bejibun banyak  , dan laptopnya yang sering dibawa bolak - balik , maka mimin menyarankan pakai SSD. 

Karna SSD ini beratnya beda jauh dibandingkan harddisk , jadi bisa menghemat sedikit tenaga jika membawa laptop ini bolak - balik.

Oke langsung saja ke tutorialnya , ohh iya mimin lupa , di laptop HP 14s ini karna tidak ada DVD room maka tidak membeli hdd caddy nya pren .

Source image : tokopedia

Alat dan Bahan yang dibutuhkan 

  1. 1 SSD
  2. 1 Obeng plus kecil 
  3. Kuas ( untuk membersihkan debu ) 
  4. wadah kecil ( untuk menaruh baut kecil laptop )

Tahapan pasang SSD

  • Kalian lepas dulu baut yang terpasang di bagian bawah laptop , laptop HP 14s yang punya rekan mimin dia mempunyai 5 baut 
  • Next lepas bagian rangka bawah laptop 
  • Copot HDD bawaan laptop , 

  • Pada bagian HDD yang tadi yang udah di copot , kalian pasang SSD nya di bagian sini 
  • Pasang SSD nya seperti gambar dibawah ini
  • Lalu pasang kembali kerangka bagian bawah laptopnya , dan jangan lupa baut nya dipasang juga ya pren , Hidupkan laptopnya . 
  • Setelah laptop hidup , masuk ke "Computer Management" , lalu klik "Disk Management"
  • Jika ada tulisan "Unallocated" dibagian "Disk Management" , berarti SSD baru berhasil terpasang
  • Selanjutnya kalian klik kanan "Unallocated" itu , dan pilih "New Simple Volume"
  • Kalian next saja 
  • Ini juga next 
  • Dibagian "Format Partition" , kalian bisa menamai SSD baru kalian itu , terserah kalian.
  • Lalu finish , cek di windows explorer , pasti ada partisi baru , nah itu ssd baru kalian .

Nah sekian tutorial cara pasang SSD di laptop nya , jika ada salah kata mimin mohon maap ye atau ada pertanyaan komen aja di kolom komentar dan jika bermanfaat bisa kalian share , terimakasih 

Posting Komentar untuk "Cara Pasang SSD di Laptop HP 14s 2021"