Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Download Windows 11 di Google Drive

Cara Mudah Download Windows 11 di Google Drive

alfazzablog - Salah satu perusahaan teknologi raksasa yang menguasai teknologi di dunia adalah Microsoft. Mereka membuat, mengembangkan, memberi lisensi, dan juga memasarkan produk teknologi berupa komputer dan perangkat lunak lainnya yang digunakan hampir seluruh masyarakat dunia. Termasuk juga salah satu sistem operasi perangkat lunak yang dihasilkan adalah Windows.

Perjalanan Windows sebagai perangkat lunak yang paling digemari dari asa ke masa juga mengalami perubahan. Mulai dari versi pertama Windows 1.0 yang diluncurkan di tahun 1985 hingga versi terbaru saat ini. 

Mereka juga pernah mengeluarkan versi Windows yang cukup berevolusi beberapa tahun terakhir seperti Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan sekarang Windows 11. 

Microsoft pernah mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak akan merilis perangkat lunak lagi setelah Windows 10. Akan tetapi akhirnya mereka juga melakukan perilisan versi Windows 11. 

Banyak fitur dan berbagai keunggulan yang di tawarkan oleh Windows 11 dan menghadirkan pengalaman berbeda saat Anda menggunakan perangkat ini. 

Bahkan Microsoft juga menyediakan informasi pembaharuan di perangkat laptop atau komputer masing-masing pengguna Windows yang memperbolehkan mereka untuk mendownload versi Windows terbaru. Ada beberapa cara untuk mendownload tersebut salah satunya adalah melalui Google Drive. 

Sebelum Anda mendownload Windows 11 ada beberapa yang perlu Anda ketahui sebagai syarat spesifikasi perangkat yang Anda gunakan untuk mengetahui apakah perangkat tersebut sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan versi terbarunya.

Syarat Spesifikasi Perangkat Untuk Windows 11

Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi beberapa perangkat untuk menginstal Windows 11 adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki RAM (Random Access Memory) minimal 4 GB. RAM merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai memori untuk membaca data, menjalankan aplikasi di dalam laptop atau komputer. Begitu juga dengan menjalankan Windows harus memenuhi minimal kuota RAM tersebut.
  2. Memiliki Prosesor yang berkecepatan minimal 1 GHz. Prosesor merupakan unit pemrosesan data yang ada di dalam perangkat. Anda biasanya mengenal Prosesor dengan berbagai merek seperti Intel yang telah banyak digunakan oleh pengguna dan AMD Ryzen yang saat ini mengeluarkan prosesor anyar dengan klaim bahwa kemampuan grafis yang dimiliki lebih tinggi dan lebih murah daripada prosesor Intel yang relatif mahal. 
  3. Memiliki kapasitas penyimpanan data HDD atau SSD atau gabungan keduanya minimal 64 GB. Saat ini hampir semua perangkat komputer memiliki penyimpanan minimal sekitar 200 GB baik HDD, SSD, ataupun gabungan keduanya. Penyimpanan data sangat penting karena mampu menyimpan data personal maupun salah satu syarat untuk menjalankan aplikasi dan juga sistem operasi Windows.
  4. Memiliki kartu grafis minimal Directx 12. Windows 11 akan mengeluarkan fitur tampilan yang lebih segar dan lebih baik dari sebelumnya sehingga memerlukan kartu grafis yang mumpuni. Beberapa kartu grafis yang Anda kenal seperti Intel Graphics Card, NVidia G-Force, AMD Radeon, dan yang lainnya. 
  5. Memiliki TPM (Trusted Platform Module) 2.0. Microsoft ingin lebih memaksimalkan keamanan perangkat dan data para penggunanya sehingga mereka mensyaratkan  TPM 2.0 untuk salah satu syarat instalasi Windows 11. 
Spesifikasi Windows 11

Cara Download Windows 11 Via Google Drive

Setelah Anda mengetahui syarat spesifikasi fisik dan perangkat lunak dari instalasi Windows 11 maka perlu diketahui langkah-langkah untuk mendownload Windows 11 via Google Drive.  

Perlu diketahui bahwa sebelum melakukan unduhan pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan akun Microsoft. 

Windows 10 yang Anda gunakan juga merupakan Window 10 yang asli sehingga Anda bisa langsung masuk ke penawaran pembaharuan dengan menggunakan link Google Drive.

Selanjutnya Anda tinggal mengikuti langkah-langkah sesuai dengan yang diinstruksikan oleh perangkat dan Anda dapat segera mengunduhnya. Setelah itu lakukan beberapa petunjuk berikut ini:
  1. Masukkan file yang telah di unduh kedalam sebuah flashdisk. Kalian bisa download disini
  2. Anda juga perlu mendownload Rufus untuk membuat bootable dari Windows 11. 
  3. Jalankan Rufus dan pilih file yang sudah di download. 
  4. Selanjutnya masuk ke BIOS dan pilih boot melalui flashdisk. 
  5. Maka selanjutnya tunggu hingga perangkat selesai menginstal Windows 11.
Selanjutnya Anda dapat langsung menjajal fitur-fitur terbaru di Windows 11. 

Fitur Terbaru Dari Windows 11

Sebelum Anda menggunakan lebih jauh perangkat Windows 11 Anda, jangan kaget apabila tampilan dan beberapa fiturnya sedikit berubah. Beberapa perubahan yang perlu Anda ketahui yaitu:

  1. Tampilan User Interface (UI) yang lebih modern. Anda akan menemukan tampilan yang sedikit mirip dengan MacBook dan MacOS perangkat milik Apple. Posisi taskbarnya juga sangat mirip berada di bawah dengan icon yang lebih menarik ketika Anda menyentuhnya dengan mouse. Start menunya juga sangat menarik mirip dengan fitur di Android. Beberapa Widget juga ditambahkan seperti fitur sebelumnya tetapi lebih menarik. Tampilan penyimpanan folder juga lebih berwarna dan menarik.
  2. Mendukung layanan 5G. Tentunya menyesuaikan dengan perkembangan jaman, layanan internet di Windows 11 juga sudah didukung dengan fitur 5G sehingga para pengguna perangkat ini akan merasakan layanan kecepatan internet yang lebih dari biasanya.
  3. Terintegrasi dengan Xbox. Bagi Anda penggemar game di perangkat berbasis konsol maupun komputer tentu akan sangat puas dengan upgrade Windows 11 yang mengintegrasikan Xbox dengan lebih mudah. Anda dapat mengkombinasikannya dengan menggunakan alat-alat digital recorder dan berbagi di jaringan Xbox.

Keunggulan Windows 11

Keunggulan Windows 11 tentu banyak di representasikan oleh fitur-fitur yang dimiliki. Keunggulan utama tentu terletak pada tampilannya. Akan tetapi selain beberapa fitur yang telah disebutkan tadi, ada beberapa keunggulan lainnya yang juga tidak kalah menariknya diantaranya adalah:
  • Menu pengaturan atau Setting yang lebih mudah dipahami dari sebelumnya. Jika di Windows 10 tampilan Setting cukup membingungkan dengan banyaknya menu, maka di Windows 11 akan menghadirkan tampilan menu pengaturan yang lebih ringkas dan mudah untuk dicari. 
  • Integrasi dengan Microsoft Team. Microsoft juga menghadirkan fitur video konferensi online yaitu Microsoft Team. Sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini baik dalam kegiatan perkantoran, belajar, seminar, hangout online bersama teman, dan yang lainnya. Terlebih lagi di masa pandemi kehadiran video konferensi yang baik sangat diperlukan dalam menunjang kegiatan sehari-hari. 
  • Dapat menjalankan aplikasi Android tanpa bantuan emulator. Sebelumnya, jika ingin menjalankan aplikasi Android harus mendownload emulator. Akan tetapi di fitur Windows 11 hal ini sudah terintegrasi dengan baik sehingga berbagai aplikasi tersebut dapat ditemukan pada Microsoft Store dan didownload melalui Amazon App Store. 
  • Snap layout yang lebih mudah. Anda dapat memunculkan tampilan atau aplikasi mana yang ingin Anda lihat di layar. 
Itulah beberapa ulasan tentang perangkat Windows 11 terbaru yang diluncurkan oleh Microsoft. Berbagai pembaharuan yang dilakukan diharapkan dapat memberikan kenyamanan lebih bagi para pengguna setia Windows. 

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Download Windows 11 di Google Drive"