Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Cara Menghindari Sadap WhatsApp, Terapkan Sekarang!

6 Cara Menghindari Sadap WhatsApp, Terapkan Sekarang!

Alfazzablog - WhatsApp memang menjadi aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan. Bahkan sudah mencapai ratusan juta pengguna aplikasi ini jika dilihat dari toko aplikasi. 

Namun, terlepas dari pengguna yang sudah mencapai jutaan ini, aplikasi WhatsApp sering menjadi intaian untuk di sadap. Dan kali luangkan waktu anda sejenak untuk memahami cara menghindari sadap WhatsApp.

Banyak yang mengeluhkan kalau obrolan yang ada di WhatsApp seringkali bocor dan bisa diketahui banyak orang, padahal hanya pengirim dan penerima saja yang tahu. 

Kalau mungkin anda pernah mengalami hal demikian, ada kemungkinan WhatsApp anda telah di sadap atau mungkin lawan bicara yang sudah membocorkan nya.

Baca juga artikel saya lainnya mengenai 5 cara mengatasi kecanduan gadget dirumah

Padahal yang namanya privasi memang sangat penting, apalagi dengan data diri. Jika sampai WhatsApp anda di sadap dan digunakan untuk hal – hal yang melanggar hukum. 

Nama anda bisa tercoreng. Motif dari penyadapan ini juga ada banyak. Misalnya saja mencari tahu informasi, meretas aset digital, sebagai teror, mencemarkan nama baik, meretas rekening bank dan masih banyak lagi.

Kalau yang pasti jelas ada penyadapan jika WhatsApp anda mengalami hal – hal berikut ini :

  1. Pesan yang masuk sudah terbaca, padahal anda belum membaca pesan yang masuk.
  2. Ada pesan terkirim padahal anda tidak merasa mengirimkan pesan.
  3. Ada panggilan yang tidak pernah anda lakukan.
  4. Semua percakapan anda bocor dan banyak di share di berbagai media.

Sekarang mari kita pelajari cara para penyadap melakukan aksi nya. Ada beberapa hal yang sering di sisipkan untuk melakukan penyadapan. Misalnya,

  1. Menggunakan aplikasi backdoor.
  2. Menggunakan aplikasi cloning.
  3. Masuk lewat jaringan.
  4. Menggunakan spyware. (jika yang belum tau spyware itu apa klik disini )

Dari beberapa teknik aksi para penyadap diatas, ada beberapa cara dibawah ini yang bisa anda lakukan untuk menghindari penyadapan.

Cara Menghindari Sadap WhatsApp

1. Cek Whatsweb


Di aplikasi WhatsApp ada whatsweb yang memungkinkan anda bisa membuka akun WhatsApp melalui komputer. 

Namun fitur ini juga bisa digunakan untuk melakukan penyadapan. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan logout paksa dari aplikasi. Buka whatsweb dan kalau ada perangkat asing yang terhubung langsung saja matikan.

Prinsip sederhana nya kalau menggunakan whatsweb ini menggunakan kode QR untuk menghubungkan akun. 

Sedangkan untuk memperoleh koneksi harus dengan ponsel secara langsung. Bisa di pastikan kalau anda di sadap dengan cara ini, penyadap merupakan orang terdekat anda atau beberapa waktu terakhir telah meminjam HP anda. 

2. Gunakan Aplikasi Resmi dari Pengembang

Aplikasi Resmi Whatsapp

Jangan pernah menggunakan aplikasi apapun yang bukan dari pihak resmi pengembang. Bisa jadi di dalamnya sudah di tanam file backdoor untuk menyadap handphone target. 

Selain file backdoor juga ada yang namanya spyware. Kalau sudah tertanam, tidak hanya WhatsApp saja, semua akun dan file yang ada di ponsel juga bisa di retas. 

Karena sekarang ini sudah banyak aplikasi WhatsApp yang muncul dari luar pengembang. Dan fitur yang ada di dalamnya memang menggiurkan, karena ada fitur seperti ganti tema maupun pengaturan privasi chat yang tidak wajar dan tidak pernah ada di aplikasi WhatsApp yang asli.

Contoh kecilnya saja whatsapp mod , kalian harus berhati - hati dan teliti dalam mendownload whatsapp mod ini , jangan sampai setelah kalian download terdapat spyware di dalamnya dan lebih parahnya aplikasi mod ini dapat mencuri data - data penting di telpon kalian.

3. Cek Aplikasi Asing


File backdoor biasanya juga bersembunyi dengan nama aplikasi yang tidak anda kenal. Dan jika sudah terinstall biasanya tersembunyi dan tidak ada di home screen. 

Namun sebenarnya anda bisa melihatnya di pengaturan aplikasi, pada filter nya anda pilih semua aplikasi. Amati saja mana yang termasuk asing di benak anda, kalau ada yang asing dan bukan aplikasi sistem, alangkah baiknya langsung saja di hapus.

Kalau masih standar biasanya hanya mempunyai nama manifest saja, atau kadang bernama index. Namun ini hanya nama saja. Kalau yang sudah profesional , mereka bahkan bisa membuat aplikasi samaran yang ikon nya bisa sama dengan aplikasi yang sudah ada di ponsel.

4. Amankan Koneksi


Kalau anda menggunakan koneksi Wi-Fi publik, sebaiknya amankan juga koneksi anda dengan VPN atau jaringan tor. 

Ini akan membuat IP publik anda agar tidak terdeteksi dari lokasi anda sekarang ini. Gunakan juga jaringan internet yang sudah ada sertifikat SSL.

Jangan pernah masuk ke dalam website dengan koneksi yang tidak aman. Untuk mengetahui koneksi biasanya ada di atas url bagian browser.

Jika ada logo kunci berarti ini logo SSL yang akan mengamankan koneksi perangkat anda. Jika ada segitiga tanda seru, berarti anda sedang berada di koneksi yang kurang aman.

5. Perbarui Aplikasi

Perbarui Aplikasi WA

Pembaharuan aplikasi resmi pengembang biasanya menawarkan fitur baru dan terkait keamanan. Untuk itu lebih baik kalau ada pembaharuan langsung saja install update nya dari play store maupun app store. 

Fitur pembaharuan ini sangat penting, dan pihak pengembang resmi sudah pasti memperhitungkan fitur tambahan sebelum di update.

Jadi Bug - bug dari version sebelumnya sudah hilang , dan meminimalisir adanya celah bagi oknum yang tidak bertanggung jawab.

6. Kunci Aplikasi


Untuk menghindari penyadapan jika ada orang yang ingin meminjam HP anda, sebaiknya kunci saja aplikasi dengan pin, pola maupun sidik jari. 

Agar orang yang meminjam HP anda tidak langsung masuk ke percakapan. Satu hal lagi proteksi juga dengan sandi pada file manager maupun galeri ponsel. Karena biasanya orang bisa masuk ke file kita walaupun cuma karena rasa penasaran. 

Jika file privasi sudah terkunci, kemungkinan penyadap akan kecil. Karena walaupun ditanam file backdoor, jika aplikasi terkunci dengan sandi, robot tidak akan bisa masuk. Kunci layar maupun kunci aplikasi sebaiknya juga anda bedakan, ini akan lebih mempersulit lagi.

Nah sekian artikel saya kali ini mengenai cara menghindari whatsapp yang disadap , semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaa silahkan komen dikolom komentar , terimakasih.

Posting Komentar untuk "6 Cara Menghindari Sadap WhatsApp, Terapkan Sekarang!"