Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sekolah dan Meeting Online? Begini Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Sekolah dan Meeting Online? Begini Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, kali ini mimin akan membagikan tips cara memakai aplikasi zoom dengan lengkap dan mudah dimengerti, agar sahabat semua tau cara pakai aplikasi zoom ini.

Penggunaan aplikasi zoom ini juga sangat mimin sarankan karena perusahaan - perusahaan besar di Indonesia sekalipun menggunakan aplikasi zoom meeting ini untuk melakukan rapat besar di masa pandemi.

Masa pandemi Covid-19 telah membuat kita menjadi sulit bergerak dan juga sulit untuk mengadakan suatu kegiatan dengan keramaian. Bahkan kegiatan bekerja, belajar mengajar, kegiatan keagamaan, olahraga, seni budaya semuanya di kendalikan dan bahkan ditiadakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus. 

Hampir semua sendi-sendi kehidupan manusia berubah. Dulu, manusia yang tidak memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan kini dituntut untuk menjadi lebih bersih. Begitu juga dengan makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup sehat yang harus diterapkan untuk menjaga imunitas tubuh.

baca juga artiket saya Cara Mudah Download Windows 11 di Google Drive

Selain tidak bisa berkegiatan dan berkerumun di luar ruangan, maka apa yang bisa dilakukan? Seiring dengan perkembangan teknologi, manusia mulai belajar untuk menyesuaikan diri. 

Misalnya saja kegiatan belajar mengajar secara online, kegiatan bekerja secara daring yang dikenal dengan work from home (WFH) bahkan kegiatan ibadah juga dilakukan secara online. Intinya sekarang teknologi telah sampai ke semua sektor kehidupan.

Banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk pertemuan, sekolah online, Meeting atau bahkan sekedar untuk berbincang bersama dengan teman-teman. 

Misalnya saja Google Meet, Microsoft Teams, Skype, dan juga Aplikasi Zoom Meeting. Semua ini dapat kamu gunakan untuk melaksanakan kegiatan daring. Ada yang berbayar ada juga yang gratis. Biasanya yang berbayar memiliki jumlah kapasitas pertemuan yang lebih lama atau jumlah partisipan yang lebih banyak. 

Nah biasanya mimin untuk melakukan kegiatan daring , mimin menggunakan aplikasi zoom meeting , yap aplikasi zoom ini memiliki banyak keunggulan diantaranya adalah gratis , mudah dipakai dan memiliki batasan quota partisipan user yang banyak.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting Di laptop dan Hp

Aplikasi Zoom Meeting adalah salah satu perusahaan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika-China. Mereka ingin mempromosikan bagaimana membentuk suatu komunitas hybrid yang mobile dapat digunakan di mana saja dengan berbagai keperluan. Misalnya untuk bekerja, sekolah, pertemuan, konferensi, webinar, dan lain sebagainya.

Salah satu aplikasi pertemuan online yang paling populer adalah Zoom Meeting. Disini kamu dapat berinteraksi dengan 1000 partisipan dalam satu pertemuan yang durasinya bebas. Akan tetapi kalau kamu menggunakan Aplikasi Zoom yang gratis juga bisa dengan menampung sekitar 100 orang dalam durasi 40 menit pertemuan. 

Kamu dapat melihat wajah teman, mendengarkan suara mereka, atau ada yang dapat mempresentasikan materi yang bisa didengarkan oleh partisipan. Karena kecanggihan Aplikasi Zoom meeting inilah akhirnya banyak digunakan dan menjadi populer seperti di masa segala kegiatan yang dibatasi seperti ini.  

Kamu dapat mengunduh aplikasi zoom meeting ini baik di PC, laptop ataupun handphone. Maka dari itu aplikasi ini sangat fleksibel untuk digunakan. Bahkan saat kamu sedang berada di luar rumah pun tetap dapat mengikuti pertemuan daring dengan menggunakan ponsel.

Cara menggunakan Zoom Meeting di Laptop Sebagai Peserta

  • Pertama yang harus kalian lakukan ketika akan menggunakan zoom meeting di laptop adalah mendownload dulu aplikasi zoom meetingnya , kalian bisa unduh diwebsite resminya disini.

  • Setelah kalian download , install aplikasi tersebut , dan jika sudah di install lalu kalian buka aplikasi zoom meeting nya.
  • Pilih  "Join a Meeting"

  • Masukan ID Zoom meeting , biasanya ID zoom meeting terdiri dari 9 angka yang diberikan oleh si pembuat room meeting ataupun host meetingnya,  kalian isi ID nya di dalam kolom "Enter meeting ID or personal link name "

  • Jika kalian sebelumnya sudah pernah melakukan zoom meeting , akan ada history ID nya seperti gambar dibawah ini

  • Kalian tinggal klik join , dan masukan meeting Passcode nya , lalu join meeting zoom nya.
  • Selanjutnya kalian akan diberikan 2 pilihan yaitu "Join with Vidio" dan "Join Without Video" , Jika kalian pilih yang join with video maka ketika kalian sudah masuk room , secara otomatis kamera laptop kalian akan on , dan apabila kalian memilih Join Without Video maka kamera off ketika kalian sudah masuk ke room zoom meeting.

  • Seperti ini tampilan zoom meetingnya jika kalian berhasil masuk ges 
  • Jika kalian masuk ke website resminya disana ada banyak pilihan fitur juga deskripsi menarik tentang aplikasi ini.

Cara menggunakan Zoom di HP sebagai peserta

  • Seperti biasa kalian download aplikasinya dulu di playstore , tuliskan "Zoom" otomatis aplikasi zoom akan muncul
  • Jika kalian sudah mendaftar Aplikasi zoom meetingnya , di home aplikasi zoom meeting kalian pilih menu "Join" yang berada di posisi sebelah atas.
  • Masukan Meeting ID nya , dan kalian kasih nama sebagai identitas seperti cara menggunakan Zoom Meeting di Laptop Sebagai Peserta sebelumnya.
  • Lalu pilih join , masukan Passcode nya dan pilih Join Meeting  

Cara Join Zoom di Laptop dengan link

  • Untuk cara join zoom menggunakan link , caranya sangat mudah pren , kalian tinggal klik link Aplikasi Zoom Meeting nya aja , seperti contoh gambar dibawah ini.
  • Jadi sebenernya link ini sudah disediakan oleh host pembuat zoom meeting nya , tinggal klik saja linknya . Hebatnya  kalian juga bisa membuat link zoom meeting juga loh .
  • Lanjut , setelah kalian klik , maka langsung redirect ke web , jika ada pop up "The Site Is Trying to Open Zoom Meeting" , pilih yang open.
  • Tinggal tunggu submit dari admin zoom meetingnya , jadi santuy

Fitur Yang Ada di Zoom

Kamu juga dapat memanfaatkan beberapa fitur yang ada di aplikasi untuk mempermudah dan memperlancar pertemuan yang kamu lakukan. Nah beberapa fitur yang ada yaitu:

1. Mengubah profil

Kamu dapat mengubah tampilan profil misalnya dengan menambahkan foto profil, dan mengisi kelengkapan lainnya. Kamu juga dapat menambahkan kontak dan daftar teman. Kamu juga bisa mengedit email, mengubah password dan yang lainnya. Caranya mudah hanya dengan masuk ke menu profile di zoom.

2. Merekam Aktifitas Zoom Meeting 

Seringkali kamu bingung jika menggunakan meeting online sedangkan kamu tidak dapat mencatat secara menyeluruh tentang yang dibicarakan. Maka dari itu kamu dapat menggunakan fitur recording atau merekam. Hanya saja yang dapat merekam adalah seorang host. Kamu sebagai partisipan dapat meminta hasil rekaman kepada host nantinya jika membutuhkannya. 

3. Mengubah background

Saat melakukan pertemuan biasanya kamu bosan dengan background kamu yang itu-itu saja. Kamu bisa menggantinya dengan berbagai gambar atau desain yang sudah ada di fitur zoom. Akan tetapi jika kamu ingin menggantinya dengan desain kamu sendiri juga bisa. Yaitu caranya dengan mengupload gambar yang kamu ingin tampilkan sebagai background dan akan bisa langsung dioperasikan. 

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Zoom Meeting

Sebagai salah satu aplikasi pertemuan online dengan banyak pesaing, maka aplikasi zoom meeting memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tertentu yaitu:

Kelebihan :

  • Kapasitas pertemuan yang cukup besar

Kapasitas pertemuan yang hingga 1000 orang bahkan mencapai 10.000 memang suatu kapasitas yang sangat besar daripada aplikasi pertemuan lainnya. Tentunya hal ini akan mempermudah rapat atau pertemuan yang memerlukan kapasitas besar.

  • Fitur menarik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas mengenai fitur-fitur di zoom, ada juga berbagai fitu lainnya seperti bisa memberikan reaction dengan emotiokon lucu, menjadwalkan pertemuan, dan lain sebagainya.

  • Kualitas suara dan video yang sangat baik

Dibanding aplikasi lainnya, zoom memang memiliki kualitas audio dan video yang relatif lebih baik. Gambar yang ditampilkan cukup jelas dengan kualitas HD begitupun suara yang dihasilkan cukup jernih.

  • Ada di segala perangkat

Bisa di unduh di seluruh perangkat dan aplikasi seperti laptop, PC, dan handphone.

Kekurangan:

  • Kuota yang dihabiskan cukup besar

Untuk kamu yang menggunakan paket data tentu menggunakan zoom akan menguras paket data karena memang untuk mendukung video dan audio yang baik dibutuhkan kuota yang cukup besar.

  • Hanya tersedia bahasa Inggris

Tidak tersedia dalam bahasa lain karena zoom basisnya hanya menggunakan bahasa Inggris.

  • Dugaan kebocoran data

Ada dugaan bahwa pertemuan di zoom tidak aman karena adanya kebocoran data baik data pribadi pengguna maupun data pertemuan.

Itulah beberapa ulasan tentang  Cara Menggunakan Aplikasi Zoom , cara penggunaannya, juga kelebihan dan kekurangan. Semoga dapat menjadi salah satu alternatif kamu untuk melakukan kegiatan online. terimakasih

Posting Komentar untuk "Sekolah dan Meeting Online? Begini Cara Menggunakan Aplikasi Zoom"