Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa sih itu Ilmu pengetahuan sosial ?

Apa sih itu Ilmu pengetahuan sosial  ?

Alfazzablog - Ilmu adalah usaha-usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. 

Dengan ilmu manusia bisa hidup menjadi pribadi yang lebih baik, jika manusai tidak memiliki ilmu cenderung hidup dengan tidak memiliki tujuan atau tidak terarah sehigga ilmu disini dianggap penting bagi setiapmakhluk hidup. 

Pengetahuan merupakan sebuah pemahaman mengenai sesuatu bidang atau unsur tertentu.

Sosial adalah sesuatu yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan bersama . dengan pengetahuan atau pemahaman tertentu biasnya manusia akan lebih bisa berinteraksi dengan sesamanya. 

Ilmu pengetahuan sosial yaitu sebuah aspek disiplin ilmu yang mempelajari mengenai sebuah aspek terkait kegiatan individu dengan lingkungan nya. 

Degan adanya pembelajaran disiplin ilmu pengetahuan sosial diharapkan dapatmemberikan wawasan ilmu yang berhubungan dengan sosial baik sosial masyarakta maupun aspek sosial lain. 

Pembelajaran yang ada dalam pembelajaran IPS ini biasanya terkait dengan sosiologi, sejarah,ekonomi, antarpologi dan akuntansi. 

Adanya pembelajaran yang dimuat dalam mata pelajaran IPS ini tentu saja akan menambah wawasan bagi peserta didik. 

Hal yang perlu dan tidak boleh dihilangkan terkait pembelajaran IPS ini yaitu pembelajaran sejarah, mengapa demikian karena kita tidak boleh melupakan atau membuang sejarah.

Dengan adanya pembelajaran sejarah ini sudah tentu akan memberikan wawasan siswa tentang kejadian yang ada dimasa lampau, namun hal ini tidak menyudutkan bahwa materi yang lain juga tidak kalah penting dipelajari.

IPS atau disebut Ilmu Pengetahuan Sosial pada kurikulum yang ada merupakan satu mata pelajaran yang diberikan sejak SD dan MI sampai SMP dan MTs. 

Dalam jenjnahn pendidikan SD atau MI biasanya pembelajaran lebih difokuskan pada Pengetahuan Sosial dan Kewarganegaraan. 

Melalui pengajaran Pengetahuan Sosial, siswa diarahkan, dibimbing, dan dibantu untuk menjadi warga negara Indonesia dan warga dunia yang efektif. Untuk menjadi warga negara Indonesia dan warga dunia yang efektif merupakan tantangan berat, karena masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. 

Oleh karena itulah Ilmu Pengetahuan Sosial dirancang untuk membangun dan merefleksikan kemampuan siswa dalam kehidupan bermasyarakat yang selalu berubah dan berkembang secara terus menerus.

Mengapa pembelajaran IPS ini sangat penting untuk dipelajari hal yang terkecil saja terkait pembelajaran atau kehidupan kita sehari-hari sebagai mahluk sosial yang hidup di lingkungannya sosial tentu saja pembelajaran ini sangat diperlukan.


Posting Komentar untuk "Apa sih itu Ilmu pengetahuan sosial ? "