Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alasan mengapa bahasa Indonesia dijadikan Mata Pelajaran Wajib

Alfazzablog - Bahasa merupakan suatu sutu alat pemersatu agar antara orang yang satu dengan orang yang lain bisa saling berinteraksi atau berkomunikasi antar manusia yang satu dengamn manusia lain. 

Bahasa sendiri beraneka ragam mulai dari bahas asing, bahasa daerah dan bahasa yang dijadikan bahasa nasional dinegara kita yaitu bahasa Indonesia.

Negara Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, Karana keanekaragaman suku yang ada di Indonesia sudah tentu ada berbagai jenis bahasa yang di miliki oleh suku-suku bangsa tersebut seperti bahasa Sunda,Batak,Padang,Jawa Lampung dan masih banyak lagi bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Karena banyak nya Bahasa daerah yang ada di Indonesia menyebabkan sulitnya berinteraksi antara suku yang satu dengan suku yang lain oleh sebab itu pemerintah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional .

Karena tidak mungkin jika seorang suku Sunda berkumonikasi dengan bahasa Sunda dengan orang yang berbahasa Batak kemungkinan adanya ketidaksikronan komunikasi akan terjadi karena belum tentu Meraka saling memahami atau mengerti bahasa yang mereka gunakan.

Bahasa nasional adalah bahasa yang secara umum digunakan untuk berkomunikasi dalam suatu negara.Karena bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional oleh sebab itu diwajibkan untuk setiap warga negara Indonesia bisa berbahasa Indonesia.

Pemerintah telah mengeluarkan peraturan presiden nomor 63 tahun 2019 tentang penggunaan bahasa Indonesia. 

source image : pexels

Dalam peraturan tersebut tertulis bahwa pemerintah mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia dalam setiap komunikasi resmi khusunya dilingkungan kerja pemerintah dan swasta.

Didalam aturan tersbut juga menyebutkan bahwa Bahasa Indonesia wajib dipakai dalam pengantar pendidikan nasional diseluruh jenjang pendidikan.

Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib yang harus dipelajari mulai dari pendidikan dasar hingga tingkat pendidikan tinggi .

Alasan mengapa pemerintah menjadi bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib karena agar setiap warga negara Indonesia dapat mengerti, memahami dan pandai menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Harapnnya dengan adanya pembelajaran bahasa Indonesia disetiap jenjang pendidikan menjadikan seluruh warga Indonesia dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar sehingga seluruh warga Indonesia dapat berkomunikasi antar individu yang sat8u dengan individu lain yang ada diberbagai daerah.

Tidak hanya didunia pendidikan saja bahasa Indonesia juga bisa dipelajari didalam rumah yaitu komunikasi antarorang tua dan anak atau anatar anggota keluarga. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika didalam rumah biasanya lebih sering digunakan bahasa daerah.

oleh sebab itu adanya mata pelajaran bahsa Indonesia didalam dunia pendidikan agar bahsa indonesia tetap lestari dan bisa menjadi bahasa nasional  yang ada dinegara kita Indonesia. 

Posting Komentar untuk "Alasan mengapa bahasa Indonesia dijadikan Mata Pelajaran Wajib"