Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah 8 Tips Mencegah Virus Di Android Agar File Selalu Aman

Inilah 8 Tips Mencegah Virus Di Android Agar File Selalu Aman

Alfazzablog.com - Pada saat ini hampir sebagian besar orang menggunakan smartphone Android. Android merupakan sebuah sistem canggih yang ditanamkan pada handphone yang mana membuat smartphone tersebut bisa mengakses berbagai macam fitur sosial media. 

Di dalam smartphone Android terdapat menu playstrore. Melalui menu tersebut, Anda bisa mendowload berbagai macam jenis aplikasi yang menarik yang bisa Anda gunakan

Selain menyediakan berbagai macam kecanggihan, Android ternyata sangat rentan terhadap virus. Ini ditunjukan pada sebuah penelitian yang mana menyatakan bahwa malware dan virus Android berbahaya lainnya banyak menargetkan smartphone Android daripada iOS. 

Hal ini karena Android merupakan sebuah platform terbuka yang sudah digunakan oleh ratusan produk smatphone di seluruh dunia. Hal ini tentu saja sangat mengerikan. 

Meskipun sudah banyak sekali dilakukan berbagai macam tindakan untuk pencegahan virus Android ini, rupanya masih banyak kemungkinan jika smartphone Android bisa terinfeksi virus berbahaya. 

Virus ini bersumber pada software yang bisa Anda download karena tidak semua file hasil unduhan dari playstore itu aman. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus membaca beberapa tips mengenai cara mencegah virus pada smartphone Android berikut ini, yaitu : 

1. Pilihlah dan gunakan aplikasi yang sudah resmi

source image : pixabay

Smatphone Android adalah sebuah sistem yang sudah terintegrasi secara otomatis dengan Google. Hal ini tentu saja akan memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. 

Oleh karena itu, Google memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang terbaik yang bisa Anda unduh melalui layanan Playstore. Semua aplikasi ini sangat menarik dan bisa digunakan untuk sehari-hari. 

Sebuah aplikasi yang resmi, pasti akan muncul pada mesin pencarian di playstore. Akan tetapi, sebelum mengunduhnya Anda wajib melakukan pengecekan peringkat serta ulasan yang bisa dilihat. 

Jika Anda menemukan bahwa peringkat dan jumlah pengunduh aplikasi tersebut rendah maka jangan diunduh ya. Ini menunjukan bahwa aplikasi tersebut jelek kualitasnya. 

2. Tidak boleh mengunduh aplikasi yang berasal dari pihak ketiga

Pada saat ini ada banyak sekali game mobile yang sudah rilis yang bisa digunakan pada samrtphone Android.  Biasanya berbagai game ini tidak dirilis dengan serentak di semua bagian negara. 

Game ini hanya dirilis pada beberapa negara saja. Untuk mengaklinya, ada banyak para gemers yang mengunduh aplikasi tersebut melalui aplikasi pihak ketiga agar bisa dimainkan. 

Tahu Anda, cara ini sangat berisiko tinggi dan bisa menyebabkan smartphone Android terkena virus berbahaya. Virus ini akan merusak smartphone Anda.   

Cara terbaik dan juga aman supaya Android tidak terkena virus adalah dengan menggunduh aplikasi melalui layanan yang sudah disediakan di Google Playstore. Semua aplikasi yang berada di sana dijamin aman. 

3. Stop, jangan asal buka tautan

Pasti sering kali Anda mendapatkan berbagai pesan aneh yang biasanya dikirimkan oleh nomer yang tidak dikenali. 

Pesan tersebut biasanya disisipi dengan tautan yang cukup menarik, sehingga membuat Anda penasaran.  

Jika Anda mengklik tautan tersebut biasanya akan memberikan peluang pada berbagai macam virus untuk masuk ke dalam smatphone Android. Anda harus menghidari asal klik tautan apapun ya khususnya tautan yang mencurigakan. 

4. Jangan mengklik iklan pada saat sedang browsing

Pada saat ini ada jutaan situs yang dapat Anda akses melalui internet. Anda bisa mencari berbagai macam informasi dengan sangat lengkap melalui berbagai situs yang ada di dalamnya. 

Akan tetapi tidak semua situs yang ada di sana bermuatan konten yang baik. Akan tetapi ada yang akan mengarahkan Anda untuk mengklik sebuah gambar iklan. 

Jika Anda menemui hal seperti ini, sebaiknya jangan asal diklik ya karena bisa menyebabkan smartphone Anda terserang virus Android berbahaya. 

5. Gunakan Anti Virus yang sudah resmi

source image : pixabay

Untuk menjaga smartphone Android dari serangan virus berbahaya, Anda bisa memasanga anti virus pada Android. 

Anti virus bisa dijadikan sebagai tameng untuk mencegah virus masuk. Mulai dari sekarang Anda harus berlangganan membeli anti virus yang sudah resmi untuk menjaga smartphone tetap dalam kondisi aman. 

Anda harus sering melakukan pemindaian pada smartphone Android yang mana digunakan untuk memastikan jika smartphone Android Anda bersih dan terbebas dari virus berbahaya. 

6. Lakukan pembaruan sistem

Anda juga harus selalu melakukan upgrade atau pembaharuan pada sistem operasi di smartphone android. Anda harus mengupgradennya pada versi terbaru. 

Ini akan sangat berguna melindungi smartphone Android dari serangan virus berbahaya karena semakin lama sistem operationalnya, kemungkinan besar bisa dijadikan sebagai sarang virus. Jadi, harus selalu diperbarui. 

7. Jangan sekali-kali menghubungkan smartphone dengan jaringan Wi-Fi yang tidak dikenal

source image : pixabay

Siapa sih yang tidak mau sambungan internet gratis? Pada beberapa tempat umum saat ini sudah banyak menyediakan layanan Free Wifi yang mana bisa diakses oleh siapa saja. 

Akan tetapi, tindakan ini ternyata sangat berbahaya. Hal ini bisa memberikan peluang virus masuk ke dalam smartphone. 

Anda tidak boleh menyambungkan smartphone dengan Wifi asing khususnya yang ada di tempat umum. 

Hal ini karena tempat umum merupakan ladang yang bisa digunakan oleh siapa saja khusu pejahat dunia maya untuk menyusupkan virus berbahaya pada smartphone android. 

Sehingga, pada sat Anda menggunakan Wifi tersebut, para perjahat dunia maya ini tidak hanya bisa melihat apa yang Anda lihat, tapi juga bisa mengubah serta mendapatkan banyak data informasi yang Ada di dalam smartphone Anda. 

8. Menggunakan VPN

soure image : pexels

Jika sedang dalam keadaan darurat dimana Anda terpaksa harus menyambungkan smartphone dengan Wifi yang ada di tempat umum, maka jangan lupa menggunakan VPN sebelum browsing. 

VPN ini sangat berguna untuk membuat koneksi internet menjadi lebih aman. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mencegah orang lain bisa melihat berbagai aktivitas yang Anda lakukan di smartphone.  VPN ini juga mempunyai akses internet yang sangat cepat. 

Itulah tadi beberapa tips  dalam mencegah virus di Android. Anda bisa melakukan tips tersebut agar smartphone Anda menjadi lebih aman dari serangan virus. Selain itu, tidak akan membuat smartphone Android menjadi gampang rusak. Selamat mencoba ya. 


Posting Komentar untuk "Inilah 8 Tips Mencegah Virus Di Android Agar File Selalu Aman"