Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Cara Membuat Konten Tik Tok FYP atau Trending

7 Cara Membuat Konten Tik Tok FYP atau Trending
soure image : pixabay

Alfazzablog.com - Mungkin Anda sering mendengar jenis postingan di aplikasi TikTok yang dikenal dengan dengan istilah FYP. FYP sendiri adalah singkatan dari For Your Page, atau deretan video yang sedang viral di TikTok. 

FYP ini disebut-sebut bisa meningkatkan viewer dan follower pengguna TikTok, karena video-video yang masuk ke FYP ini bukanlah video sembarangan, melainkan video yang banyak ditonton.

Popularitas FYP ini mungkin membuat kamu ingin mengetahui tentang bagaimana cara membuat konten di platform aplikasi berbasis video pendek asal Tiongkok tersebut. Bila menguasai cara tersebut, maka tentunya bisa menambah variasi konten milik kamu. Ditambah lagi, konten jenis ini cukup signifikan untuk meningkatkan engagement.

Untuk kamu yang saat ini ingin tahu bagaimana cara membuat konten serupa, jangan khawatir. Pada artikel kali ini, kami akan berikan beberapa tips-nya.

Tips Membuat Konten Tik Tok FYP

Sejatinya, algoritma pada TikTok sama seperti algoritma media sosial pada umumnya. Dimana TikTok akan merekomendasikan konten mana saja yang dianggap menarik bagi penggunanya. 

Dengan mengikuti tips-tips di bawah ini, dan menghasilkan video berkualitas yang relevan dengan target audiens, maka konten kamu pun bisa dilihat oleh lebih banyak orang.

Berikut tips agar FYP kamu muncul di halaman depan TikTok. Yuk, simak!

1. Buat Konten Yang Bisa Meningkatkan Engagement

soure image : pexels

Agar konten kamu bisa masuk FYP TikTok, maka diperlukan beberapa cara tertentu. Buatlah sebuah konten yang sekiranya dapat meningkatkan enggagement. 

Di sini, dibutuhkan kreativitas agar kamu dapat membuat konten yang informatif, sehingga isinya tidak hanya sekedar video.

2. Buat Video Semenarik Mungkin

Saat kamu ingin membuat video, cobalah cari ide-ide “segar” yang kira-kira konten kamu itu bisa dipahami oleh banyak orang. 

Sehingga follower kamu merasa puas sekaligus bahagia, dan akhirnya mereka berkenan untuk memberikan komentar. Tentunya hal ini akan sangat membantu kamu untuk meningkatkan ranking.

Dan yang tidak kalah penting dari agar bisa FYP di TikTok adalah dengan engage atau berinteraksi, terutama dari video yang bisa di-stich. Untuk itu, perhatikanlah kualitas video kamu.

Hindari video yang terlalu panjang, dan pastikan konten kamu itu sudah bisa ditangkap perhatian audiens pada 3 detik pertama. Dengan cara ini, kamu pun bisa mendorong mereka untuk lanjut menonton video kamu sampai  selesai.

3. Tulis Caption Yang  Menarik


Batas maksimum untuk caption TikTok adalah 150 karakter. Jadi, dengan ruang yang terbatas tersebut, kamu harus bisa membuat caption yang bisa membuat orang ingin menonton konten kamu. 

Buatlah caption pada bagian bawah video dengan singkat dan menarik. Caption tersebut harus benar-benar mewakili isi video TikTok yang kamu upload.

Misalnya, untuk memancing interaksi atau komentar dari audiens, kamu bisa menulis caption ini dengan berupa pertanyaan. Sehingga mereka mau meninggalkan komentar, dan tingkat engagement konten kamu pun jadi lebih tinggi.

4. Gunakan Lagu Yang Sedang Hits

soure image : pexels

Lagu-lagu di TikTok juga menjadi aspek yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Untuk itu, ketika kamu sedang membuat sebuah konten atau video, maka cara mudah agar FYP kamu muncul di halaman depan TikTok bisa dilakukan dengan menggunakan lagu-lagu atau audio yang sedang hits.

Kamu bisa menemukan lagu-lagu yang sedang hits tersebut dengan membuka video editor, kemudian pilih Sound. 

Atau kamu juga bisa melihat konten-konten dari akun yang populer di TikTok untuk mencari tahu lagu-lagu apa saja yang saat ini sedang tren. 

Kamu bisa menggunakan lagu-lagu tersebut, sehingga konten kamu bisa direkomendasikan oleh algoritma TikTok. 

Setelah itu, cobalah untuk melakukan editing pada video kamu itu sebaik mungkin, dengan memasukkan potongan dari lagu-lagu yang sedang hits tersebut.

5. Gunakan Hashtag

soure image : pixabay

Selain menggunakan lagu-lagu atau audio yang sedang hits, kamu juga bisa menggunakan berbagai hashtag yang saat ini sedang trending. Namun tentunya hashtag ini harus relevan dengan konten kamu.

Beberapa hashtag tersebut diyakini dapat meningkatkan popularitas dari sebuah video. Penggunaan hashtag ini akan membantu pengguna yang lain untuk memudahkan pencarian. Bahkan, ada beberapa pengguna lain yang menggunakan hashtag #foryou, #FYP atau #foryoupage.

Jadi, apabila kamu membuat konten berdasarkan konten atau hashtag yang sedang tren, misalnya video challenge, maka sertakan pula hashtag tersebut agar konten kamu bisa menjangkau lebih banyak orang. Namun ingat, hindari penggunaan hashtag yang terlalu banyak ya!

6. Ikuti Tren dan Challenge

Tips selanjutnya agar FYP kamu bisa muncul di halaman depan TikTok juga bisa dilakukan dengan mengikuti isu-isu yang saat ini sedang tren. 

Tentunya ada begitu banyak tren yang sering muncul di TikTok. Bahkan, hampir setiap hari ada saja challenge TikTok yang viral, yang dibuat oleh para penggunanya.

Kamu bisa mencari tahu tren-tren terbaru tersebut dari Discover Page. Beberapa tren tersebut berkaitan dengan peristiwa yang tengah terjadi saat ini. Namun, beberapa ada juga yang muncul secara tiba-tiba.

Nah, jika kamu melihat suatu tipe konten sedang tren atau ketika tantangan tersebut menjadi viral, segera manfaatkan tren tersebut dengan membuat konten versi sendiri dan menguploadnya di akun kamu. 

Kamu bisa meningkatkan traffic sekaligus follower dengan mengikuti tren serta tantangan kekinian ini. Namun tentunya, apabila tipe konten tersebut sesuai dengan diri kamu.

7. Berinteraksi Dengan Pengguna Lain

Lakukanlah interaksi dengan beberapa pengguna TikTok lainnya. Untuk memulainya, kamu bisa memberikan komentar pada beberapa video pengguna lain yang masuk ke dalam halaman FYP TikTok. 

Posting Komentar untuk "7 Cara Membuat Konten Tik Tok FYP atau Trending"