Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Cara Memunculkan Kursor yang Hilang di Laptop Windows 7, 8, dan 10

6 Cara Memunculkan Kursor yang Hilang di Laptop Windows 7, 8, dan 10

Alfazzablog - Rasanya tidak nyaman sekali jika mendadak cursor menghilang di laptop. Walau sebenarnya, deadline telah minim dan file masih disimpan dalam memory laptop.

Touchpad sebagai salah satunya elemen yang berperanan utama pada laptop. Sebagai alternatif peranan mouse, touchpad memberinya keringanan tiap pemakai laptop untuk mengeklik satu program atau file apa saja.

Karenanya, saat touchpad alami masalah yang membuat tidak bisa berperan seperti mestinya, tentu mengusik kenyamanan saat lakukan aktivitas komputasi.

Sebetulnya tanpa cursor juga kita bisa menjalankan computer atau laptop dengan keyboard. Tetapi pasti lebih susah dan repot bila harus mengingat tombol shortcut untuk beragam jenis perintah.

Umumnya, cursor lenyap terjadi saat kamu mulai menghidupkan laptop atau computer pertama kalinya. Monitor Windows tidak bisa untuk memunculkan cursor hingga kamu kesusahan untuk memproses data.

Saat ini kamu tidak perlu kebingungan, pren. mimin akan memberikan jalan keluar bagaimanakah cara munculkan cursor laptop yang menghilang, nih.

Ingin tahu triknya? Yok, baca keterangan Mimin untuk tampilkan cursor yang lenyap pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 berikut!

Pemicu Cursor Tidak Ada di PC dan Laptop

Ngomong-ngomong, sudah mengetahui belum apa pemicu dari lenyapnya cursor di Windows?

Sepanjang yang saya ketahui sich ada banyak. Namun, kerap kali tidak akan jauh dari yang namanya driver, mouse, atau touchpadnya tersebut.

Antara pemicunya ialah seperti berikut:

Driver Harus Diupdate

Seperti hardware yang lain, sebuah mouse memerlukan driver supaya bisa terhubung dan dipakai dengan normal. Kita harus juga rajin-rajin untuk lakukan perbaikan pada driver ke versi yang lebih baru.

Hingga bisa memperoleh perform piranti yang lebih bagus dan menghindar bug yang ada di versi lama.

Driver Tidak Cocok

Sama seperti yang sudah disebut sebelumnya jika pointer memerlukan sebuah driver. Tetapi pasti tiap piranti akan memerlukan versi driver yang berbeda bergantung detailnya.

Jika kalian mengalami cursor pada monitor laptop kalian mendadak lenyap sesudah up-date driver. Karena itu ada kemungkinan versi dari driver itu tidak pas dengan piranti yang kalian pakai.

Tidak Menyengaja Menonaktifkan Pointer

Kemungkinan ada beberapa dari kita yang tidak menyengaja menonaktifkan peranan cursor atau pointer. Kerap kali muncul karena menekan gabungan tombol seperti Fn + f9. Umumnya hal itu akan mengakibatkan touchpad tak berfungsi.

Langkah Menangani Cursor yang Hilang di Computer atau Laptop


1. Lakukan Restart pada Laptop

Ada peluang jika cursor tidak dapat teridentifikasi saat mekanisme di laptop kamu tidak memberi respon. Langkah gampang untuk menyegarkan mekanisme yaitu dengan me-restart computer.

Terkait cursor kamu tidak sedang berfungsi, karena itu kamu harus memakai tombol keyboard. Kamu tinggal pilih langkah re-start laptop yang telah mimin persiapkan di bawah ini.

  1. Tekan tombol Alt+F4.
  2. Tekan tombol Power sampai laptop mati.

Mimin merekomendasikan kalian agar menggunakan langkah nomor 1 terlebih dahulu. Seumpama tidak bisa, baru kamu pakai langkah nomor 2.

2. Memakai Tombol Peranan Sebagai Alternative

Untuk netbook keluaran terkini, umumnya telah ditambahkan tombol pengunci touch pad. Terletak ada di sisi touch pad atau tombol keyboard dengan simbol touch pad.

Kamu cukup cari letak tombol itu. Atau, kamu bisa juga memakai tombol keyboard untuk aktifkan touch pad melalui langkah-langkah di bawah ini.

  1. Cek tombol F1 sampai F12 untuk cari simbol touch pad.
  2. Tekan tombol touch pad + FN.
  3. Periksa kembali cursor di netbook.

Pokoknya kalian bisa lihat di tombol function di netbook, mana yang memberikan touchpad silang.

Coba shortcut di atas satu-satu sampai cursor pada monitor kalian ada dan kembali normal.

3. Check Keadaan Mouse


Untuk mouse sekarang ini telah diperlengkapi dengan bluetooth maka dari itu kamu tak perlu ribet memakai colokan USB. Namun, jika terjadi cursor hilang, kemungkinan kegunaan bluetooth pada mouse memiliki masalah.

Sementara itu, pada cursor yang tidak berfungsi saat memakai mouse USB, kemungkinan ada hubungan yang terputus pada kabel atau soket.

Jalan keluarnya, kamu dapat menukarnya dengan mouse baru. Kemudian, kamu dapat lakukan periksa kembali cursornya.

4. Update Driver Touch Pad atau Mouse

Sebenernya untuk up-date driver touchpad atau mouse itu mudah tidak repot , menurut mimin pribadi tak perlu mencari di google atau di web merk laptop kalian.

Kadang-kadang bisa salah unduh atau saat telah terinstall drivernya tidak pas untuk tipe laptop kalian , kan rasanya anjim sekali.

Untuk unduh drivernya pada windows 10 , 8 atau 7 , kalian dapat ikuti Cara - Cara di bawah ini

  • Masuk saja ke "device manager"

  • Di menu "Device Manager" kalian click tanda panah di bagian kiri tulisan " Mice and other pointing devices"
  • Kalian pilih yang "HID - compliant mouse" ( tiap merk laptop / pc tidak sama , tenang patokannya ialah pada gambar ikon mirip mouse ) kalian click kanan terus pilih up-date driver

  • Pilih yang "search automatically for drivers" , tunggu hingga proses unduh usai. ( tujuan search automatically ialah OS / laptop akan mencari sumber data driver yang pas untuk dirinya sendiri , dan dipastikan drivernya sudah dipastikan sesuai).

  • Tunggu sesaat, lalu re-start laptop.
  • Jika udah , check apakah cursor dapat jalan kembali , bila belum maka lanjut dengan panduan di bawah ini pren , sans.

5. Langkah Membenahi Cursor Lenyap dengan Registry

  • Pertama, silakan pencet tombol Windows + R, selanjutnya tulis regedit dan pencet Enter.

  • Selanjutnya, pakai tombol panah atas bawah untuk beralih ke pilihan HKEY_LOCAL_MACHINE. Setelah itu, pencet tombol panah kanan untuk buka pilihan yang lain.

  • Lalu scroll kembali ke bawah ke sisi menu SOFTWARE dan pencet panah kanan kembali untuk buka sub foldernya.
  • Pada sisi ini kalian akan melihat banyak folder, silakan scroll ke bawah seperti sebelumnya. Temukan folder yang memiliki nama Microsoft dan pencet panah kanan untuk membuka.
  • Scroll kembali ke bawah memakai tombol di keyboard dan pilih "folder" windows, pencet panah kanan. Kalian akan mendapati folder yang memiliki nama CurrentVersion, tentukan dan pencet tombol panah kanan kembali.
  • Selanjutnya, mencari folder Policies selanjutnya pencet panah kanan, scroll ke sub folder namanya System dan pencet tombol Tab. ( Policies -> System )
  • Setelah beralih ke tab sisi kanan, silakan arahkan ke sisi EnableCursorSuppression selanjutnya pencet enter.
  • Terakhir, kalian lihat di bagian Nilai Data, ganti nilainya dari 1 jadi 0 selanjutnya pencet Enter. Coba untuk merestart laptop kalian dan check apa cursor telah ada kembali.

6. Membawa Netbook ke Servis Center

Jalan keluar paling akhir yang sekiranya cara-cara di atas tidak dapat menyelesaikan persoalan cursor lenyap adalah dengan minta kontribusi servis center sah sesuai merk laptopmu.

Mungkin sistem computer yang terkait dengan peranan mouse alami kerusakan. Ini jadi bagian khusus buat para profesional di servis center untuk menolongmu.

Akhir Kata

Mudah-mudahan panduan untuk munculkan cursor kembali dari mimin dapat menangani persoalan cursor lenyap pada laptopmu. Selalu memakai laptop sesuai buku pedoman sehingga dapat menghindari kerusakan lebih awal ya, pren.

Janganlah lupa kasih tahu teman teman kalian jika mengalami hal sama dengan kamu dengan sharing artikel mengenai persoalan laptop ini.

Posting Komentar untuk "6 Cara Memunculkan Kursor yang Hilang di Laptop Windows 7, 8, dan 10"