Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget di Rumah

5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget di Rumah

Alfazzablog - Saat ini kehidupan kita seakan tidak akan terlepas dengan namanya teknologi. Karena hampir semua aktivitas kita selalu diiringi berbagi bantuan teknologi, mulai dari berkomunikasi, belajar, bekerja, mencari alat transportasi, ataupun sekedar mencari hiburan. 

Apalagi masyarakat harus melakukan semua pekerjaan dari rumah sejak pandemi COVID-19 memporak-porandakan dunia. Jadi mau tak mau saat ini masyarakat harus selalu berkutat dengan perangkat teknologi terutama gadget.

Menggunakan gadget yang berlebihan seakan sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Padahal kecanduan gadget tentunya bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 

Untuk mengatasi kebiasaan buruk ini, kamu membutuhkan yang namanya detox. Jadi bukan hanya anggota tubuh saja yang bisa di detox ya guys. 

Nah simak ulasan berikut ini sampai selesai untuk mengetahui cara mengatasi kecanduan gadget dengan melakukan detoks gadget di rumah.

5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget dengan Melakukan Detoks Gadget di Rumah

1. Nonaktifkan notifikasi

Hal dasar yang pertama kali kamu lakukan untuk detox gadget yaitu menonaktifkan notifikasi yang tidak penting seperti media sosial. 

Notifikasi yang dimatikan adalah aplikasi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan atau aplikasi yang digunakan untuk menyampaikan hal penting atau darurat. Kamu tak perlu khawatir apabila nanti ada seseorang yang ingin menyampaikan sesuatu. 

Karena jika memang Informasi yang disampaikan darurat dan penting, pastinya dia tidak akan menyampaikan melalui DM atau pesan singkat di media sosial. 

Dengan mengaktifkan notifikasi pada aplikasi yang tidak, kamu bisa lebih menikmati waktu tanpa harus sering memberiksa smartphone.

2. Jangan langsung membuka smartphone ketika bangun tidur

source image : pexels

Membuka smartphone tepat setelah bangun tidur merupakan salah satu kebiasaan banyak orang. Apakah kamu termasuk ke dalam golongan tersebut? 

Jika iya maka kamu harus mengurangi kebiasaan ini karena tidak baik untuk otak. Sebab otak memerlukan waktu setidaknya 30 menit untuk memproses informasi setelah ia bangun tidur. 

Jadi lebih baik berikan otak jeda pemulihan dengan tidak langsung membuka HP setidaknya selama 1 jam Setelah bangun tidur.

3. Hanya pakai gadget pada tujuan tertentu

Ketika bosan ataupun sedang melakukan kegiatan lain seperti makan, bekerja, rapat, mengobrol dan lain sebagainya seringkali tangan kita tak kuasa menahan godaan untuk membuka smartphone. 

Padahal pada dasarnya kamu tidak memiliki alasan penting untuk membuka smartphone kala itu. Jadi apabila kamu tidak memiliki alasan penting, maka lebih baik simpan dulu smartphone dan menikmati apa yang sedang dikerjakan.

4. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan


Dari banyaknya aplikasi yang diunduh pada smartphone kamu, kira-kira ada berapa banyak yang benar-benar kamu gunakan? 

Nah Jika kamu mempunyai terlalu banyak aplikasi di smartphone, maka sekarang coba pisahkanlah mana sekiranya aplikasi yang tergolong penting dan mana aplikasi yang tidak penting. 

Kemudian uninstall aplikasi yang tergolong tidak penting tersebut. Sebab pada saat smartphone sudah tidak mempunyai banyak aplikasi, secara otomatis waktu yang kamu habiskan untuk mengecek Smartphone juga berkurang.

5. Luangkan waktu bersama keluarga lebih banyak

source image : pexels

Untuk mengurangi kecanduan gadget, apakah cobalah untuk menghabiskan waktu yang berkualitas lebih banyak bersama dengan keluarga. 

kamu bisa melakukan berbagai kegiatan bersama baik itu hanya sekedar berbincang, memasak bersama, berkebun bersama dan makan bersama. 

Dengan demikian, keluarga kamu akan semakin erat dan kompak hubungannya dengan menghabiskan waktu bersama-sama. Ketika melakukan semua kegiatan tersebut tinggalkan dulu smartphone dan nikmati semua aktivitas yang dilakukan bersama keluarga.

Demikianlah beberapa cara mengatasi kecanduan gadget dengan melakukan detoksifikasi di rumah. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget di Rumah"