Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Tips Lolos CPNS 2021 | Berikut Caranya !

Alfazzablog - CPNS 2021 telah di depan mata. Bagaimana nih strategi kamu untuk lolos CPNS pada tahun ini? Untuk lolos CPNS, kamu harus juga punyai strategi sendiri, ingat kamu akan berkompetisi dengan juta-an orang dari semua Indonesia. Bila kamu perlu tips lolos CPNS 2021, coba baca berikut ini!

tips lolos cpns, tips lulus cpns, cara lulus cpns ,trik lulus cpns ,tips lulus cpns 2021 ,cara lolos cpns 2021.

Tips Lolos CPNS 2021

Bukan rahasia kembali, tiap tahun tentu registrasi CPNS selalu banjir oleh peserta. Apa lagi pada tahun ini, tentu semakin lebih melonjak dari 2019, apa lagi karena 2020 tidak ada penyeleksian CPNS . Maka semuanya yang telah menanti-nunggu untuk tes CPNS akan mendaftarkan pada tahun ini.

Nach, jika sudah demikian, pasti kamu harus punyai langkah baik yang membuat kamu lolos CPNS 2021. Berikut tips lolos CPNS 2021 yang dapat kalian coba aplikasikan.

‍1. Rencanakan jadwal belajarmu

Tips lolos CPNS 2021 pertama kali yang perlu Dik Lulus kerjakan ialah berencana agenda belajar untuk dapat mempertajam beberapa soal ujian SKD. Luangkan waktu belajar secara intens yang dapat kamu pakai untuk latihan masalah, pelajari kisi-kisi, membaca beragam materi.

baca juga artikel CONTOH 50 SOAL TWK Tes Wawasan Kebangsaan ( TWK ) CPNS | UUD 1945 Part 2

2. Rajin latihan soal-soal tes

Seperti kata peribahasa "practice makes perfect" nach begitupun saat kamu ingin bisa lolos penyeleksian CPNS pada tahun ini. Rajinlah latih diri dengan kerjakan beberapa soal tes untuk menyiapkan diri dari jauh hari.

Sama seperti yang kita mengetahui, di CPNS kamu akan 2x lewat tes, pertama tes SKD (Penyeleksian Kekuatan Dasar) dan SKB (Penyeleksian Kekuatan Sektor).

Saat ini, tidak susah buat mendapati contoh masalah CPNS. Kamu dapat latihan beberapa soal CPNS, dapat lewat masalah yang kamu dapatkan di internet, lewat buku masalah, atau program yang sediakan masalah CPNS.

3. Mengenali dan mempelajari kisi-kisi dan materi CPNS

Janganlah sampai kamu meremehkan hal yang ini dari tips lolos CPNS 2021! Coba untuk cari tahu seperti apakah kisis-kisi dan materi CPNS pada tahun kemarin.

Kamu dapat mendapati kisi-kisi itu dalam buku atau program yang bisa jadi dasar untuk belajar tes CPNS.

baca juga artikel saya mengenai KISI - KISI TERBARU MATERI SELEKSI CPNS 2021

4. Ikut kelompok belajar atau bimbel

Belajar sendiri buat sebagian orang terkadang berasa berat dan cepat membuat ngantuk. Apa Dik Lulus terhitung type semacam itu?

Nach, kamu dapat menangani permasalahan belajar kamu dengan membuat barisan belajar bersama rekan-rekan, atau turut bimbel CPNS baik bertemu muka atau kelas online.

5. Selalu update informasi mengenai CPNS

Walaupun BKN telah umumkan detil untuk registrasi CPNS pada tahun ini, janganlah sampai kamu tak lagi mengupdate info sekitar CPNS. Bukan mustahil ada peralihan ketetapan, peralihan tanggal. Atau bisa juga jadi BKN memberinya kisi-kisi berkenaan tes penyeleksian.

Karena itu, janganlah lupa terus mengupdate info tentang CPNS!

6. Persiapkan dokumen yang diperlukan

Ingat kelengkapan document sebagai persyaratan mutlak, tips lolos CPNS 2021 ini jangan kamu terlewat.

Pastikanlah kamu telah mempersiapkan semua keperluan document untuk registrasi dengan komplet. Janganlah lupa, yakinkan kembali apa semua document itu benar dan pas sama sesuai syarat yang diputuskan oleh lembaga dan skema yang dibuka.

‍7. Memperhatikan passing grade

Tidak ada kelirunya kamu memerhatikan passing grade, supaya tidak tidak berhasil.

Memang, seperti apakah sich passing grade dalam tes CPNS? Silahkan kita dalami mekanisme passing grade dari penerapan penyeleksian CPNS 2019.

Di CPNS 2019, passing grade tertera dalam Permenpan RB No. 24 Tahun 2019.

Berdasar Ketentuan Menteri PANRB No. 24/2019 mengenai Nilai Tingkat Batasan SKD Penyediaan CPNS 2019, beberapa pelamar dengan lajur skema umum dan skema khusus tenaga penyelamatan cyber (siber security) harus melebihi passing grade sejumlah 126 untuk Tes Karakter Individu (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 65 untuk Tes Wacana Berkebangsaan (TWK). Dan kamu akan dipastikan lulus jika passing grade perbagian (TKP, TIU, TWK) mendapat nilai SKD minimum 271 point dari jumlahnya 100 masalah.

baca juga Nilai Ambang Batas CPNS 2021

8. Istirahatkan pikiran sebelum ujian dimulai

Saat kamu telah menjelang hari ujian, upayakan untuk istirahatkan pemikiran. Untuk saat ini, jauhi dahulu latihan masalah, materi, dan yang lain. Ini langkah terbaik untuk menghindar kuatir yang dapat kamu alami.

Pemikiran yang tenang akan mempermudah kamu saat kerjakan masalah ujian.

Apa lagi nanti kamu akan kerjakan masalah tes berbasiskan CAT yang memerlukan fokus tinggi. Janganlah sampai karena kecapekan, justru merepotkan kamu saat kerjakan masalah.

‍9. Pahami lokasi tes

Tips lolos CPNS 2021 seterusnya, hadirlah lebih cepat ke lokasi tes. Ini untuk menghindar hal yang tidak diharapkan, seperti terjerat macet, salah jalan ke arah lokasi, dan yang lain.

Tiba lebih cepat menolong kamu agar semakin tenang.

10. Teliti dan memperhatikan waktu

Saat kerjakan beberapa soal SKD dan SKB, kamu agar lebih cermat. Karena, bisa banyak beberapa soal tes yang menjerat, dengan jawaban yang mirip-mirip. Dengan cermat, kamu bisa juga menjawab masalah secara cepat dan tepat.

Perlu kamu kenali , dalam tes CPNS kelak, memerhatikan waktu ialah poin penting. Janganlah sampai kamu buang beberapa waktu cuman untuk kerjakan satu masalah. 

Lakukan lebih dulu masalah yang menurut kamu gampang, seperti masalah yang karakternya hafalan. Tentu saja tipe masalah ini tidak makan beberapa waktu dibandingkan masalah nalar atau perhitungan.

Masalah SKD terbagi dalam 35 masalah TWK, 30 masalah TIU, dan 35 masalah TKP.

Untungnya, dalam mekanisme CAT, kamu dapat mengidentifikasi masalah yang kamu anggap sangsi jawabnya betul atau kelirunya . Maka, bila kamu masihlah ada kesempatan sisa, kamu dapat periksa kembali beberapa masalah yang sangsi.

Seterusnya, kamu dapat kerjakan beberapa soal TKP dulu. Beberapa soal TKP ini berisi pertanyaan sekitar diri kamu, dan tentu saja tidak makan beberapa waktu. Tidak ada jawaban yang salah atau benar, cuman ada nilai tertinggi dan terendah.


Nach, itu tips lolos CPNS 2021 yang dapat kamu mulai coba. Khusus buat kamu, kami beri anjuran untuk download program KitaLulus. Di program KitaLulus, kamu dapat mendapati beberapa ribu latihan masalah komplet dengan ulasan materi. Tidak itu saja, kamu bisa juga ikuti try out atau ikuti kelas online.


Posting Komentar untuk "10 Tips Lolos CPNS 2021 | Berikut Caranya !"