Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Nilai Ambang Batas CPNS 2021


Halo apa kabar kalian para pembaca Alfazzablog , semoga dalam keadaan baik ya dan terhindar dari wabah COVID 19 . 

Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Nilai Ambang Batas CPNS Terbaru 2021 , dimana Nilai Ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar adalah nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap perserta ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. 

A. KETENTUAN TERBARU NILAI AMBANG BATAS ( PASSING GRADE )

1. Nilai Ambang Batas Selesi Kompetensi Dasar seleksi calon pegawai negeri sipil yaitu :

  • 143 (seratus empat puluh tiga) untuk Tes Karakteristik Pribadi
  • 80 (delapan puluh) untuk Tes Intelegensia Umum
  • 75 (tujuh puluh lima) untuk Tes Wawasan Kebangsaan

2. Ketentuan tersebut tidak berlaku bagi peserta yang mendaftar pada jenis formasi :

  • penyandang disabilitas
  • putra - putri Papua / Papua barat tidak termasuk untuk jabatan calon hakim

3. Hasil seleksi kompetensi dasar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada pemeringkatan / rangking

4. Untuk formasi jabatan Dokter Spesialis, Penerbangan, Instruktur Penerbangan, Rescuer, Anak Buah Kapal , Pengamat Gunung Api dan Penjaga Mercu suar , termasuk formasi untuk Provinsi Papua , Provinsi Papua Barat dan Kabupaten/Kota di wilayah Papua dan Papua Barat , hasil seleksi kompetensi dasar didasarkan pada pemeringkatan/rangking.

5. Dalam menentukan kelulusan untuk formasi penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian terampil selain didasarkan pada nilai ambang batas juga didsarkan pada pemeringkatan.

6. penentuan kelulusan formasi penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian terampil pada daerah atau wilayah yang tidak terpenuhi melalui nilai ambang batas dipenuhi melalui pemeringkatan. 

7.Yang dimaksud dengan "nilai ambang batas dipenuhi melalui pemeringkatan" adalah nilai pemeringkatan paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan masing - masing formasi jabatan , nilai ambang tersebut termasuk untuk jenis formasi cumlaude/dengan pujian , penyandang disabilitas , putra-putri Papua/Papua Barat dan jenis jabatan meliputi Dokter Spesialis , Penerbangan, Instrukstur penerbang, resuer, anak buah kapal, pengamat gunung api .

8. Pemeringkatan dipenuhi atau diisi oleh pelamar yang mendaftar dari daerah atau wilayah itu sendiri .

9. Pemeringkatan didasarkan atas nilai kumulatif pada tes karakteristik pribadi , tes intelegensia umum dan tes wawasan kebangsaan

B. STRATEGI TEMBUS NILAI JAUH DI ATAS PASSING GRADE

Seleksi Kompetensi dasar yang dilakukan dengan sistem CAT mengharuskan tiap peserta menjawab 100 soal dalam waktu 90 menit. Untuk mendapatkan nilai yang optimal gunakanlah strategi dibawah ini.

Strategi Tembus Nilai Jauh melampaui Passing Grade

1. Pelajari dan kuasai kisi - kisi semua tes (TWK , TIU , dan TKP) 

2. Bagian TWK kuatkan pemahaman pada pancasila , UUD 1945, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Asah kemampuan menjawab soal penalaran

3. Perbanyak latihan sampai bisa menjawab 1 soal dalam waktu 50 detik
    100 soal = 90 menit, berarti 1 soal = 54 detik, MAKA WAJIB BISA 1 soal = 50 detik.

4. Kerjakan soal TWK dan TIU terlebih dulu. Perhatikan sisa waktu yan tersedia. Baca soal TKP sekali saja agar tidak kehabisan waktu.Soal TKP yang panjang bisa diskip dan langsung baca pilihan jawaban saja. Pilih jawaban yang memperhatikan kepentingan orang lain namun tidak merugikan diri sendiri.

5. Pastikan semua soal dijawab , jangan sampai ada jawaban yang kosong karena tidak ada skor minus ( pengurangan nilai) jika jawaban salah.

6. jika jumlah peserta yang lolos SKD lebih sedikit dari jumlah formasi, maka dapat lansung lolos ke tahap selanjutnya. 

7. Jika jumlah peserta yang lolos SKD melebihi jumlah formasi, maka yang lolos ke tahap selanjutnya adalah yang mendapat peringkat minimal 3 (tiga) kali jumlah formasi. Misalnya jika banyak formasi berjumlah 3, maka peserta harus masuk peringkat 9.

Berikut adalah tabel passing grade , nilai maksimal, nilai minimal dan untuk setiap subtes SKD yang bisa didapatkan oleh peserta


Ketentuan nilai masing-masing subtes.

1. TKP, nilai dalam rentang 1 - 5. Tidak ada nilai negatif.

2. TIU, nilai benar 5, nilai salah 0. Tidak ada nilai negatif.

3. TWK, nilai benar 5, nilai salah 0. Tidak ada nilai negatif.

ILUSTRASI KASUS PENILAIAN DAN PEMERINGKATAN SKD

Hari ini ada lima orang peserta yang sedang mengikuti SKD dengan sistem CAT. Lima peserta tersebut bernama Fiar , Anggit , Fuad , Anas , dan Helmi . Berikut adalah table nilai yang diperoleh kelima peserta.


Kesimpulan yang dapat diambil :

Fiar dan Anggit secara otomatis tidak lulus SKD walaupun total nilai di atas passing grade . Hal ini karena ada nilai salah satu subtes yang tidak memenuhi passing grade.
(Nilai TKP Fiar 140 < 143 dan nilai TWK Anggit 65 < 75).

Hasil seleksi Kompetensi Dasar secara resmi ditetapkan dan diumumkan oleh PANSELNAS serta diumumkan pula oleh instansi masing-masing secara online.

Jika lembaga tau instansi pemerintah yang melaksanakan CAT CPNS hanya melaksanakan ujian SKD saja, maka peserta yang lolos ujian SKD dipastikan dapat langsung mengikuti proses penerimaan CPNS selanjutnya di instansi tersebut.

Sedangkan jika lembaga atau instansi menggunakan Seleksi Kompetensi Bidang ( termasuk Psikotes ) , peserta harus mengikuti proses tersebut.

Terimakasih sudah berkenan mengunjungi blog saya , semoga apa yang saya berikan dapat membantu temen - temen semua untuk berjuang lulus tes CPNS , jangan pernah berhenti berdoa dan berusaha , tetap semangat :) 

Ohh iya di blog saya ini akan saya berikan latihan soal - soal CPNS secara lengkap beserta jawabannya , tetap pantengin terus blog saya ... 











Posting Komentar untuk "Nilai Ambang Batas CPNS 2021"