Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis-jenis Bentuk Investasi Pasar Modal Beserta Pengertiannya Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Jenis-jenis Bentuk Investasi Pasar  Modal Beserta Pengertiannya Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Alfazzablog.com – Pasar modal merupakan tempat untuk berinvestasi yang aman dan terpercaya karena sudah diawasi oleh OJK. 

Investasi adalah sebuah kegiatan menabung harta kekayaan yang bertujuan agar tidak terkena efek inflasi yang semakin meningkat setiap tahunnya. 

Cara investasi sekarang ini sudah tersedia investasi online dan lebih fleksibel juga sederhana.

Investasi di pasar modal juga memiliki dua bentuk yang harus dipahami yaitu investasi konvensional dan investasi syariah. 

Biasanya investasi syariah akan dipilih oleh beberapa orang yang mempunyai prinsip syariah kuat agar terhindar dari riba. 

Tentunya pasar modal menyediakan beberapa jenis investasi yang dapat dipilih untuk pelajar dan mahasiswa untuk mulai berinvestasi di usia muda.

Lantas apa saja jenis-jenis bentuk investasi di pasar modal? Berikut ini pengertian dan penjelasan secara singkatnya oleh Alfazzablog.com, harap di simak baik-baik.

Jenis-jenis Bentuk Investasi Pasar  Modal 

1. Investasi Saham

Source image : pixabay

Saham adalah surat berharga kepemilikan akan perusahaan. Investasi saham adalah salah satu instrumen pasar modal yang kegiatannya dengan jual beli surat kepemilikan saham dari suatu perusahaan. 

Saham adalah instrumen paling cocok untuk dipilih agar terlindungi dari tingkat inflasi yang semakin naik. 

Namun yang perlu diketahui saham ini mempunyai tingkat return sangat tinggi dan mempunyai risiko paling tinggi pula. 

Akan tetapi untuk kamu yang pelajar dan mahasiswa, dapat berinvestasi hanya dengan 100rb saja.

2. Investasi Reksadana

Source image : pixabay

Reksadana adalah tempat berinvestasi dan pengelolaan dana yang dikelola oleh manajer investasi bagi kumpulan para investor dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. 

Investasi reksadana juga merupakan salah satu produk pasar modal. Jika saham segala analisa fundamental dan teknikal dilakukan oleh personal, maka reksadana kita hanya titip dana investasi dan manajer investasi yang akan menjalankannya. 

Maka dari itu reksadana ini sangat cocok sekali dipilih oleh mahasiswa dan pelajar yang ingin belajar investasi. 

Reksadana juga memiliki tiga jenis yaitu Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, dan Reksadana Campuran (Pasar Uang, Pendapatan Tetap, dan Saham).

3. Investasi Obligasi

Source image : pixabay

Obligasi merupakan surat utang berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pemerintah. Obligasi dikeluarkan dengan maksud mencari tambahan modal. 

Seorang yang melakukan investasi obligasi akan mendapatkan kupon yang diberikan setiap bulannya dan uang pokok modal yang akan dikembalikan saat jatuh tempo obligasi. 

Investasi ini sangat cocok dipilih untuk kamu yang ingin mendapatkan passive income dengan risiko kecil.

4. Exchange Trade Fund (ETF)

Source image : pixabay

ETF merupakan sebuah reksadana yang unit penyertaannya diperdagangkan di dalam bursa efek. 

ETF mengambil sistem reksadana untuk pengelolaannya sedangkan dari saham mengambil sistem mekanisme perdagangannya. 

Memang ETF ini tidak seterkenal seperti Reksadana, Saham, dan Obligasi namun ETF juga salah satu bentuk instrumen investasi di pasar modal yang wajib untuk dicoba karena return yang diberikan diatas reksadana dan obligasi.

5. Future Indeks

Source image : pexels

Bagaimana melakukan sistem hedging di pasar modal? Nah jawabannya adalah future indeks ini. Kamu dapat melakukan open posisi short jika pasar sedang turun dan open posisi long jika pasar sedang naik.

Future indeks menawarkan kontrak berjangka seperti obligasi, saham, dan indeks. Future Indeks di Indonesia yang tersedia yaitu IDX LQ45 dan IDX 30. 

Untuk pelajar dan mahasiswa yang ingin terjun ke Future Indeks sebaiknya memperdalam ilmu dahulu, karena risiko yang dimiliki juga sangat besar walaupun akan menghasilkan keuntungan yang besar pula.

Demikian jenis-jenis investasi di pasar modal oleh Alfazzablog.com, semoga dengan adanya artikel ini tentunya dapat dijadikan sebagai acuan menentukan instrumen investasi yang cocok untuk dipilih.


Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Bentuk Investasi Pasar Modal Beserta Pengertiannya Untuk Pelajar dan Mahasiswa"