Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

cara mengatasi error windows cannot be installed to this disk the selected disk is of the gpt partition style windows 10

 Apakah kalian pada saat ingin melakukan install ulang windows 7/8/10 mengalami masalah  error windows cannot be installed tothis disk the selected disk is of the gpt partition style ?

Sangat menjengkelkan bukan ? untuk orang-orang yang agak mager atau tidak ingin ribet mereka akan mengira bahwa hardisk laptop rusak.

akhirnya mereka pergi ke tempat service computer dan setelah masalah sudah terselesaikan , mereka diharuskan membayar atas jasa tersebut , padahal Ini adalah permasalahan yang umum dan sering dialami pengguna Windows .

jika kalau berusaha sedikit inshaaAllah masalah GPT Partition Style akan terselesaikan dengan mudah bahkan tidak sampai 1 jam kelar .

maka pada artikel ini, saya akan memberikan tutorial untuk mengatasi error windows cannot be installed to this disk the selected disk is of the gpt partition style dengan mudah dipraktekan oleh temen-temen semua , pertama kita analisa dulu penyebab error itu muncul karena apa.  

Penyebab GPT partition style

 

cannot be installed to this disk the selected disk is of the gpt partititon style

Perlu diketahui, partisi terbagi menjadi 2 yaitu MBR dan GPT. Partisi MBR atau Master Boot Record adalah tipe partisi yang sudah lama digunakan, kapasitas maksimalnya hanya 2TB saja.

Sedangkan partisi GPT atau Guid Partition Table adalah tipe partisi baru yang menggantikan MBR, hardisk ini bisa memiliki kapasitas lebih dari 2TB dan sudah banyak digunakan laptop terbaru.

Secara umum sebab GPT partition style

1.  karena hardisk GPT hanya support beberapa versi Windows saja. Dan jika dipaksakan untuk instalasi, maka akan muncul pesan GPT Partition Style.

2.   komputer diatur untuk boot dalam mode BIOS lama, tetapi hard drive tempat Anda mencoba menginstal Windows dipartisi sebagai GPT . Beberapa motherboard lama mendukung Legacy BOIS Legacy + UEFI / CSM Boot. Di Legacy BIOS, Anda dapat menginstal sistem operasi hanya pada disk MBR, karena BIOS lama tidak mendukung gaya partisi GPT modern. Ketika versi Windows yang ingin Anda instal mendukung GPT, tetapi BIOS tidak, maka inilah penyebab error ini muncul

Solusi 1

1.       Restart Komputer/ Laptop Anda

2.       Masuk Ke BIOS dengan menekan tombol “F2/ ESC/” untuk masuk ke BIOS.

3.       Ketika seudah masuk ke BIOS cari Menu  “Boot”.

4.       Pada menu Boot Mode tekan “Enter”, dan kemudian pilih “Legacy “.

5.       Tekan “Enter”.

6.      Tekan “F10”, dan pilih “Yes” untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS.

 

cannot be installed to this disk the selected disk is of the gpt partititon style

Solusi 2

1.     Tekan tombol Shift + F10 ketika Anda melihat error “windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partition style” yang akan membuka Command Prompt. Jika itu tidak berhasil, silakan kembali ke layar pertama instalasi dan tekan Shift + F10 .

2.     Ketik perintah diskpart di command prompt dan tekan Enter.

3.     Ketikkan perintah  list disk  dan tekan Enter.

4.     Ketik select disk # dan tekan Enter. Ganti # dengan nomor disk yang mewakili hard disk dengan partisi GPT.

5.      Ketik clean  dan tekan Enter. Perintah ini menghapus semua partisi dan data dari disk yang dipilih.

6.      Ketikkan convert mbr dan tekan Enter.

7.      Perintah ini mengonversi disk ke format MBR. Anda dapat keluar dari Command Prompt ketika muncul pesan “DiskPart successfully converted selected disk to MBR format”.  Dan menandakan proses convert berhasil dan Anda bisa melanjutkan proses Installasi.

cannot be installed to this disk the selected disk is of the gpt partititon style

Sekarang, silahkan kalian coba install ulang Windowsnya menggunakan hardisk yang baru saja diubah menjadi MBR. InshaaAllah, laptop Anda sudah bisa diinstall Windows.

Sekian tutorial saya mengenai error windows cannot be installed tothis disk the selected disk is of the gpt partition style , maaf jika terdapat salah kata dalam penyampaian artikel ini , semoga bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa untuk share agar dapat bermanfaat ke banyak orang .

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "cara mengatasi error windows cannot be installed to this disk the selected disk is of the gpt partition style windows 10"