Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengembalikan file excel yang hilang

Mengembalikan file excel yang hilang

Mengembalikan file excel yang hilang

Assalamu'alaikum teman - teman , semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan ketenangan dalam hati kalian masing - masing , karna kesehatan dan ketenangan adalah kenikmatan dari Allah dimana 2 nikmat itu adalah nikmat yang tidak dapat dihitung dengan materi ataupun uang . 

Hehe kali ini saya akan membagikan tips atau sedikit ilmu mengenai Microsof excel  ,  yaitu mengenai perihal , Bagaimana sih cara agar dapat mengembalikan data excel yang kemaren kita pernah buat lalu pada saat itu kalian mengubah datanya karena sesuatu hal dan kalian lupa simpan ataupun secara tidak sengaja kita memilih "Don't save" . 

Bagaimanakah perasaan kalian jika data itu adalah data penting yang selama ini kalian cape - cape buat lalu hilang begitu saja ?? 
             


           DONT WORYY  , jangan panik dan kalian tepat sekali berkunjung di blogku ini . sedikit curhat saja eciaa curhat mantan ya mas :V hehehe . 

waktu itu saya melakukan rekap data perusahaan saya dan Qodarullah karena kecerobahan saya , secara tiba-tiba saya close aplikasi excel saya dan pada saat itu juga saya belum sempat save data saya ataupun melakukan backup sebelumnya (Baca juga cara membackup data excel) dan deadline tugas saya itu adalah hari esok / lusa
 
Namun karena mungkin saya termasuk tipe orang yang selalu tenang dalam menghadapi segala masalah ( Sombong amat :V) . 

Saya berpikir tidak mungkin pihak Microsoft tidak membuat sebuah solusi untuk masalah yang saya hadapi , karena saya tau Microsoft adalah perusahaan besar di dunia dimana selum aplikasi ini di release sudah pasti pihak microsoft memberikan solusi untuk berbagai masalah yang akan ditemui oleh pengguna microsoft di dunia. 

Dan alhamdulillah saya mendapat solusi tersebut dan pada kesempatan ini saya akan share ilmu tersebut kepada kalian semua . Oke langsung saja Gass Keuunn 

Langkah - Langkah 

Sebelumnya ini adalah tampilan 2 worksheet saya yang masih original / data excel yang belum saya rubah             
                                                                          
 
Gambar 1.2


Akan saya tambahkan beberapa data lagi di sheet2 , lalu setelah ditambahkan saya close tanpa melakukan save ataupun backup seperti gambar dibawah ini Gambar 1.3

                                                                       Gambar 1.3

Nah ini dia inti dari pembahasan kita teman - teman , data yang tadi sempat saya isi seperti Gambar 1.3 yang sebelumnya saya unsave , mari kita coba untuk kita restore lagi datanya . Ikuti cara cara nya di bawah ini :

1. Buka file yang akan kalian restore datanya , setelah data tampil lalu pilih menu " File " yang berada di bagian atas pojok paling kanan di aplikasi excel . 

Gambar 1.4

2. Selanjutnya pilih menu " info "  lanjut ke menu  " Manage Workbook " , dengan catatan untuk file excel yang  memang sebelumnya pernah di edit / ditambahkan data lalu tidak di save , maka akan ada tulisan / keterangan seperti gambar dibawah ini teman - teman, lalu klik yang saya kotaki hijau . 


                                                                          Gambar 1.5

3. Setelah kalian klik , maka InshaaAllah data kalian yang sebelumnya belum kalian save , makan akan muncul kembali , dan yang saya kotaki hijau adalah keterangan bahwa file kalian sebelumnya telah disimpan di komputer kalian oleh sysem microsoft office itu sendiri. 

Gambar 1.6

4. Setelah itu kalian save as / simpan baru agar data yang kalian baru restore tersebut bisa kalian edit dan oleh sesuai keinginan kalian teman - teman karena data itu hanya bisa di read-only saja sehingga kalian harus save baru dulu. 

Oke teman - teman bagaimana , data sudah kembali kan ? hehehe Alhamdulillah sipp , semoga tips ini dapat berguna dan bermanfaat bagi orang banyak Aamiin , dan senang saya bisa membantu kalian semua . 

       Akhir kata , Wa'alaikumsalam Warrahmatullahi Wabarakaatuh 









Posting Komentar untuk "Mengembalikan file excel yang hilang"