Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Menghasilkan Uang dengan Kotoran Ayam

Menghasilkan Uang dengan Kotoran Ayam

Mau Penghasilan Tambahan ?

Ketika kita mempunyai ayam baik itu dalam skala besar/industri maupun skala kecil/rumahan pasti mempunyai kendala yaitu pada kotorannya, yang bisa dikatakan bau dan menjijikan. 

Apalagi ketika kandang ayam kita berdekatan dengan rumah tetangga , terkadang tetangga dapat mecium aroma tidak enak dengan bau kotoran ayam tersebut. Tentu kita sebagai tetangga yang baik tidak mau kan hal itu terjadi.

Maka pada kesempatan ini saya akan membagikan sedikit Ilmu untuk mengatasi permasalahan tersebut plus kotoran ayam tersebut dapat kita jadikan sebagai ladang penghasilan tambahan . 

Kalian penasaran ? mari simak penjelasan yang akan saya sampaikan hehehe baca juga budidaya kultur kutu air


Disini kita berkenalan dulu dengan si pembersih kotoran ayam yang setia tanpa minta bayaran ataupun imbalan , siapa itu ? yaa si MAGOT BSF  (black soldier fly ) . 



ketika mendengar kata ulat atau belatung banyak yang akan merasa jijik. Pasalnya binatang ini dianggap sebagai hama serta membawa penyakit. 

Tetapi, ulat yang satu ini, ternyata ulat yang unik, berbeda dengan ulat atau belatung umumnya. 

Belatung ini bukanlah belatung biasa, melainkan larva dari Black Soldier Fly (BSF). Dalam tubuh BSF mengandung zat antibiotik alami sehingga tidak membawa agen penyakit.

Meski dikelompokkan sebagai lalat, BSF tidak hinggap di sampah dan tidak membawa penyakit. 

Larva BSF yang disebut maggot juga berbeda dengan belatung lalat hijau dan lalat hitam yang menyebarkan penyakit.

Maggot tidak menimbulkan bau busuk dan bukan pembawa sumber penyakit. Karena sangat aman, anak kecil pun berani bermain-main dengan cara memegangnya. 

Dan juga Maggot ini dapat kita jadikan sebagai pakan tambahan untuk si Ayam dimana fungsi Maggot ini bisa dijadikan Vitamin alami .

Nahh kalian pasti sudah sedikit ada gambaran kan apa hubunganya Maggot dengan kotoran Ayam ? 

yappp betul sekali , bisa dibilang Maggot dengan Ayam mempunyai hubungan Simbiosis Mutualisme , yaitu hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis namun saling menguntungkan satu sama lain .

Jadi mekanisme nya yaitu , ketika kotoran ayam sudah menumpuk 3-5 hari , maka bibit magot / Magon yang mirip belatung itu , kalian sebar ke tumpukan kotoran ayam . 

Untuk perkiraan banyaknya bibit magot yang disebar kalian bisa kira2 sendiri dengan ukuran tempat kotoran ayam kalian . ( kalian usahakan tempat pembuangan kotoran ayam kalian bikin menjadi persegi dimana sisi-sisinya agak dinaikan 5-10 cm ke atas ).


Setelah kalian sebar maka kalian bisa tunggu sampai 1-2 hari , maka kotoran ayam tersebut akan hilang , bahkan baunya pun hampir tidak ada , kalian bisa buktikan sendiri yaa.

Gambar Pre Pupa

baca juga artikel saya mengenai budidaya kultur air
Untuk lebih jelasnya , kalian bisa lihat vidio youtube dari yaa temen-temen Khan -Khairi Irawan 

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=N2aziAQC5HA

Posting Komentar untuk "Menghasilkan Uang dengan Kotoran Ayam "