Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membagi Partisi Windows 8 dan 10


Jika Kalian baru saja membeli PC atau hard disk baru dalam keadaan Windows sudah terinstall, biasa nya pabrikan telah membuat satu partisi yang sengaja dibuat dengan kapasitas besar atau 1 partisi full di system C . 

Contohnya, jika PC Anda memiliki harddisk 500 GB, biasanya pabrikan akan menyetel satu partisi dengan ukuran 440 GB dimana pada partisi tersebut di install Windows di dalamnya. baca juga GPT Partition style

Rata-rata pengguna PC seringnya memiliki banyak partisi untuk menghindari kehilangan data saat menginstall ulang Windows. 

Jika Anda merasa partisi “C” Anda memiliki ukuran terlalu besar dan ingin membaginya menjadi beberapa partisi, Anda dapat mengikuti tutorial di bawah ini mari kita simak :

Langkah 1 : Kalian buka File explorer kalian / bisa pencet " windows + E " , lalu klik kanan pada tulisan " This PC " atau bisa saja " My Computer" seperti gambar yang sudah saya tandai warna merah dibawah ini.


Langkah 2 : Setelah klik kanan , selanjutnya pilih " Manage " seperti gambar dibawah ini


Langkah 3 : Setelah kita pilih manage , maka tidak lama akan muncul tampilan "Computer Management" , pada " Computer Management" selanjutnya kita klik "Disk Management" seperti gambar dibawah ini .


Langkah 4 : Disini saya mempunyai partisi C dengan kapasitas 274 GB , dan saya akan membaginya sebesar 2 GB , untuk ukuran membaginya itu relatif , Kalian bisa membaginya sebesar yang kalian inginkan . Caranya yaitu klik kanan pada System C atau yang saya tandai merah lalu pilih shrink Volume .


Langkah 5 : Setelah klik shrink Volume , maka pada step ini kita diminta untuk menghitung berapa partisi yang akan kita bagi , untuk perhitunganya yaitu untuk ukuran 1 GB = 1000 . Karena saya ingin membagi sebesar 2 GB maka saya akan atur menjadi 2000 , sehingga nanti terdapat partisi kosong sebesar 2GB . Dan hasilnya akan seperti gambar di bawah ini 


Langkah 6 : Apabila kalian sudah berhasil di langkah ke 5 , maka selanjutnya adalah membuat agar partisi baru tersebut dapat terdeteksi di windows explorer kita.Caranya yaitu klik kanan pada partisi baru tersebut , lalu pilih New Simple Volume. 

Selanjutnya kalian tinggal next sampai 3 kali , dan jika kalian ingin menentukan nama partisi tersebut , maka pada kolom volume Label kalian bisa isi sesuai nama yang di inginkan Jika sudah lalu next yang ke 4 dan Finish , seperti gambar dibawah ini . 


Jika kalian sudah berhasil sampai ke langkah 6 , maka InshaaAllah partisi siap digunakan yaa . Jika terdapat pertanyaan seputar Cara Membagi Partisi di Windows 8 dan 10 kalian bisa tulis di kolom komentar terimakasihhh :)

Posting Komentar untuk "Cara Membagi Partisi Windows 8 dan 10"