Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Peluang Usaha Online yang menguntungkan tanpa modal

7 Peluang Usaha Online yang menguntungkan tanpa modal

Peluang Usaha Online tanpa modal

Saat ini banyak orang kehilangan pekerjaan atau banyak yang di PHK dikarenakan pandemi Korona yang melanda negri tercinta kita ini .

Banyak orang saat ini yang menganggur terutama pada golongan masyarakat kelas menengah kebawah , maka karena itu disini saya akan membuat artikel dimana saya berdoa kepada Allah agar artikel ini dapat bermanfaat untuk temen-temen semua yang sedang mencari penghasilan tambahan guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.  

Artikel saya ini akan membahas 10 Peluang usaha Online tanpa modal . pengusaha online memang sudah banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat masa kini. 

Bagaimana tidak, sistem online paling banyak digunakan karena sifatnya yang sangat mudah dipelajari dan mudah untuk digunakan. 

Tidak heran kalau peluang usaha online bisa sangat menjanjikan sebagai bisnis masa kini. Bahkan beberapa bisnis terbaru bisa dijalankan tanpa biaya atau modal. baca juga GPT Partition style 

Di zaman yang serba canggih saat ini, sudah banyak orang memanfaatkan berbagi ide bisnis terbaru yang menjanjikan keberhasilan dan kesuksesan berbasis online. 

Salah satunya adalah cara agar menjadi pengusaha yang sukses yaitu dengan mengenali bisnis yang cocok untuk kalian dan lihat strategi bisnis online apa yang menurut kalian bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

Berikut akan saya bahas setidaknya 7 Peluang bisnis online tanpa modal yang menjanjikan dan berpeluang mendapatkan keuntungan besar.

1. Peluang Usaha sebagai Copywriting

Apa sih itu Copywriting ? Dalam dunia online marketing, penghubung antara seorang penjual dan pembeli adalah melalui media tulisan, gambar dan video. 

Jika dalam dunia nyata semua ini dikerjakan oleh seorang sales marketing yang menawarkan langsung kepada calon konsumen. Tetapi dalam dunia online marketing peran seorang sales tersebut digantikan oleh copywriting.

copywriting adalah salah satu teknik seni penulisan dan tujuannya untuk mendapatkan respon dari pembacanya. 

Media dalam copywriting tidak hanya dalam bentuk tulisan saja, tetapi bisa menggunakan gambar atau dalam bentuk video.

Menurut Wikipedia, copywriting adalah tulisan yang dibuat oleh seorang writer tujuannya disebarkan untuk kepentingan komersil. Contoh copywriting banyak digunakan untuk iklan pada website, landing page, televisi, majalah, koran dan media lainnya.

CONTOH COPYWRITING 

1. ATTENTION

Attention tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian dari pembaca yang menjadi calon konsumen kita. Berikut contoh kalimat yang biasa digunakan untuk copywriting:
  • Ingin punya berat badan ideal dalam sebulan tanpa harus melakukan diet ketat?
  • Kembalikan tubuh indahmu saat sepeti masa muda dulu lagi
  • Kangen memiliki bentuk tubuh saat masih ABG dulu lagi?
  • Tidak punya waktu untuk berolahraga karena kesibukan kerja? Sekarang Anda bisa menurunkan berat badan tanpa harus repot olahraga yang menyita waktu.

2. INTEREST

Langkah selanjutnya adalah interest, buat calon konsumen yang datang menjadi tertarik dengan produk yang akan kalian jual sehingga mereka mau melanjutkan membaca copywriting sampai akhir. 

Ingatkan dengan masalah yang berhubungan dengan masalah yang sedang dibahas agar pembaca copywriting kita menjadi lebih tertarik. 

Tambahkan beberapa informasi, fakta, data statistik, alasan yang membuat calon konsumen semakin tertarik. Berikut contohnya:
  • Terbukti mampu menurunkan berat badan 10kg dalam satu bulan
  • Menjadikan Anda lebih cantik sepeti saat muda dulu
  • Bisa terlihat 5 tahun lebih awet muda
  • Banyak para pria yang mendekat
  • Pekerjaan tetap jalan tidak terganggu

3. DESIRE

Formula AIDA yang ketiga adalah desire, desire ini memiliki kemiripan dengan interest, bedanya lebih memainkan emosi dan logika konsumen. Biasanya dilakukan dengan menyebutkan manfaat yang akan didapatkan. Berikut contohnya:
  • Waktu Anda sangat berharga dari pagi sampai sore bekerja dikantor
  • Dengan kesibukan kerja yang padat, olahraga menjadi hal yang sulit dilakukan
  • Pekerjaan lancar badan bisa kurus

4. ACTION

Tahap terakhir dalam AIDA adalah Action atau mengambil tindakan. Tindakan bisa apa saja tergantung dari tujuan produk itu dijual. Contoh tindakan yang banyak dilakukan seperti pembelian, mendaftar, pembuatan akun, download, submit email dan lain sebagainya.

Tindakan biasanya dipicu dengan memberikan Call to Action (CTA) pada bagian akhir. Bentuk CTA bisa berupa tulisan, tombol, nomor telpon, alamat email dan harga

Bagaimana apakah Anda sudah paham apa itu copywriting ? Jika sudah silahkan dipraktekan untuk bisnis yang Anda jalankan. Untuk menambah kesuksesan dalam berbisnis, ada satu teknik yang efektif yaitu email marketing.

2. Peluang Usaha sebagai Freelancer

Freelance adalah seseorang yang bekerja tanpa adanya ikatan jangka panjang dengan klien atau orang yang memberikan pekerjaan tersebut. Kontrak kerja freelance biasanya hanya berisi proyek yang akan dikerjakan, biaya dan waktu pengerjaan

Contohnya: seorang client meminta pekerja freelance untuk dibuatkan website mengenai traveling. maka freelancer akan mengerjakan proyek sesuai dengan permintaan, jika pekerjaan selesai, kontrak pun selesai dan client akan memberikan bayaran kepada freelance sesuai perjanjian yang sudah ditetapkan.

Orang yang melakukan pekerjaan freelance (tenaga lepas) disebut dengan freelancER (pekerja lepas). Mereka dapat bekerja dimanapun dan kapanpun baik itu di rumah, cafe atau tempat lain Tanpa harus datang ke kantor, berpakaian formal, datang jam 7 pulang jam 4 dll.

Seorang freelancer adalah bos untuk dirinya sendiri. dia harus bisa mengatur waktu, resistensi dan sebagainya. karena meskipun mereka bebas, Ada deadline pekerjaan klien yang harus diselesaikan tepat waktu.

Freelancer terbagi kedalam 2 jenis, yakni freelancer Full time yakni seseorang yang seluruh pekerjaan dan penghasilannya dari kerja freelance dan freelancer part time yakni seseorang yang bekerja freelance sebagai sampingan untuk mengisi waktu kosong dan mendapat penghasilan tambahan.

3. Peluang Usaha sebagai Influencer


Menurut data yang dipublikasikan oleh Smart Insight ,80% pengiklan sepakat bahwa menggunakan jasa influencer sangatlah efektif dalam pemasaran. 

Penjualan meningkat secara signifikan dan brand mereka menjadi lebih terkenal dan meluas. Sementara menurut Forbes influencer menjadi sangat efektif karena calon pembeli tidak merasa sedang ditawari sebuah produk, melainkan hanya mengonsumsi konten seperti biasa.

Apa arti influencer?

Dalam konteks marketing arti influencer adalah orang yang punya pengaruh dan mampu mempengaruhi audiencernya untuk memilih dan membeli produk atau jasa Anda.

Apa saja jenis-jenis influencer?

Ada 3 macam jenis influencer, yang diantaranya makro influencer, mikro influencer dan mega influencer .

Mikro Influencer

Mikro influencer adalah para influencer yang memiliki followers di media sosial sebanyak 1,000 sampai 10,000 followers. 

Mikro influencer ini biasanya adalah seorang industry expert, atau ahli dalam industri tertentu. Misalnya saja ahli kecantikan, penulis, atlet, fotografer, dan lain sebagainya. Umumnya media sosial mereka gunakan untuk berbagi konten seputar pekerjaan mereka dan tips-tips dalam menjalaninya.

Kelebihan menggunakan jasa mikro influencer adalah biaya yang tidak terlalu mahal, hubungan dengan klien lebih dekat dan akrab, tingkat kepercayaan followers cenderung lebih tinggi. 

Kekurangannya adalah pasar yang dijangkau tidak terlalu besar dan hanya segmen-segmen tertentu.

Makro Influencer

Yang kedua adalah makro influencer. Mereka adalah influencer yang memiliki followers sebanyak 10,000 sampai 100,000 orang. 

Kebanyakan dari makro influencer adalah selebtwit atau selebgram. Yaitu mereka yang telah lama berkecimpung di media sosial dan memproduksi konten yang populer. 

Konten tersebut biasanya tidak memiliki niche tertentu, hanya saja mereka sering menjadi trending topic atau viral di media sosial.

Namun, ada juga para industry expert yang merupakan makro influencer jika dilihat dari jumlah followersnya.

Kelebihan menggunakan makro influencer adalah jangkauan yang lebih luas serta kepopuleran kontennya. 

Produk Anda cenderung lebih cepat dikenal dan memiliki pengaruh yang lebih besar. Kekurangannya adalah kepercayaan followers yang tidak terlalu tinggi karena niche dari influencer ini memang tidak terlalu fokus.

Mega Influencer

Terakhir adalah mega influencer. Influencer ini memilik followers di atas 100,000. Kebanyakan dari mereka adalah artis yang sering muncul di TV. 

Jika Anda menggunakan jasa mereka, jangkauan Anda sudah pasti sangat luas dan berpeluang menjadi booming jika memang dibutuhkan oleh followersnya. 

Kekurangannya adalah biaya yang akan Anda keluarkan sangat mahal, dan jangkauannya kurang tertarget karena followers mereka sangat umum.

Setelah Anda memahami arti influencer, konsep influencer marketing dan berbagai jenis influencer, Anda juga harus tahu bagaimana cara mendekati mereka dan mengajukan kerjasama untuk memasarkan produk Anda. Berikut adalah beberapa tips dari kami dalam bekerja sama dengan influencer. 

4. Peluang Usaha sebagai Content Creator


Content creator merupakan profesi yang kini sedang naik daun di era perkembangan dunia digital saat ini . 

Popularitas dan endorse dari berbagai brand, contoh saja youtuber gamer terkenal yaitu JESS NO LIMIT , beliau adalah salah satu content creator youtube yang sangat sukses dengan gaji diatas ratusan juta perbulan ? tentu saja menantang setiap orang untuk mencobanya. Nah, apa sih content creator itu?

Content Creator adalah Sebuah Profesi yang membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi. Konten-konten tersebut dibuat untuk media, terutama media digital seperti Youtube, Snapchat, Instagram, WordPress, Blogger, Dll.

Jadi tidak terbatas hanya kepada Conten Creator yang sekedar menampilkan Gambar dan suara saja, karena saat ini, kebanyakan konten berupa berita, Tutorial, Update dan sebagainya, masih melalui tulisan, yang selanjutnya akan di proses kembali menjadi sebuah video.

Tugas Seorang Content Creator

Ada beberapa tugas yang harus dilakukan diantaranya adalah
  • Kumpulkan ide, data, serta melakukan riset serta membuat konsep untuk menghasilkan suatu konten untuk khalayak.
  • Menghasilkan konten yang benar-benar sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan.
  • Terus Berusaha untuk memenuhi tujuan yang disepakati dari sebuah konten. Contohnya, tujuan promosi, edukasi, menghibur atau memberi informasi
  • Sesuaikan konten dengan platform yang dipilih. Dalam hal ini seorang content creator bisa menghasilkan karya untuk multi-platform.
  • Evaluasi konten yang telah ditayangkan.

5. Peluang Usaha sebagai Dropship


Bisnis online Dropship adalah jenis bisnis yang banyak diminati oleh banyak pengusaha online, baik yang pemula, sedang tahap berkembang sampai yang sudah besar. 

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan dari sistem bisnis online, banyak pembeli yang lebih sering membeli barang secara online daripada berbelanja secara offline atau mengunjungi toko-toko fisik karna dinilai lebih efektif dan efisien. Salah satu sistem yang berlaku pada dunia bisnis online adalah dropship.

Mungkin bagi yang sudah lama berbisnis online, dropship adalah istilah yang tak asing lagi. Tapi bagi yang baru mendengar atau sering mendengar dan belum tahu artinya, mari kita simak penjelasan mengenai dropship di bawah ini guys.

Apa sih dropship itu?

Dropship adalah sistem yang mulai banyak bermunculan dan berkembang dengan maraknya penjualan barang melalui internet.

Dengan adanya sistem dropship, banyak pihak yang terbantu baik itu supplier, pembeli dan pihak yang melakukan dropship itu sendiri yang disebut dropshipper. 

Dropshipper tidak menyimpan stok barang, jadi jika seorang dropshipper mendapatkan order, ia akan langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke pemasok/supplier yang menjual barang tersebut.

Apa Bedanya Dropshipper dengan Reseller?

Sebetulnya hanya satu yang membedakan antara reseller dan dropship. Pada sistem dropship, dropshipper tidak melakukan stok barang.

Reseller biasanya harus punya modal terlebih dahulu untuk membeli barang tersebut dan kemudian menyetoknya. 

Sementara untuk dropshipper, kita tidak perlu punya modal untuk bisa menyetok barang. Dropshiper bisa langsung menjual produk hanya dengan gambar dan spesifikasi produk saja sehingga praktiknya lebih mudah untuk dijalankan.

Apa Saja Keuntungan Melakukan Dropship?

Sistem dropship sebetulnya bisa memberikan keuntungan bagi siapa saja yang ingin terjun ke dunia bisnis online. 

Bagi supplier, mereka terbantu karena barangnya dipasarkan lebih luas. Begitupun bagi dropshipper, ini bisa menjadi peluang mendapatkan penghasilan besar bahkan tanpa modal sekalipun. 

Dropshipper bisa menentukan keuntungan berapapun sesuai dengan keinginannya karena biasanya harga yang diberikan supplier sudah cukup murah.

Bagaimana Cara Memulainya

Masih banyak belum paham bagaimana cara memulai untuk menjadi dropshipper. Agar bisa memlainya, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari supplier terlebih dahulu.

Pastikan Anda menghubungi pihak supplier termasuk meminta ijin untuk membantu menjualnya. Bahkan Anda bisa melakukan perjajian bersama supplier. 

Supplier yang dipilih pastinya yang sudah terpercaya dan memiliki kualitas barang atau jasa yang bagus. Setelah menemukan barang yang pas dari supplier terpercaya, selanjutnya Anda dapat langsung menjualnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Supplier Barang yang Baik?

Untuk memulai bisnis dropship, pastikan untuk selalu mencari supplier tepercaya. Salah satu tempat mencari supplier terpercaya bisa Anda temukan di sejumlah marketplace. 

Di sana ada banyak sekali penjual-penjual terpercaya yang bisa Anda ajak bekerja sama. Untuk membedakan antara penjual baru dan penjual terpercaya, Anda bisa melihat rating yang didapat atau dari ulasan barang yang telah terjual. 

Biasanya, supplier terpercaya telah melayani ratusan atau bahkan ribuan pembeli dan mendapatkan banyak ulasan positif.

Karena kemudahan dan kepraktisan kegiatan bisnis yang dilakukan oleh seorang dropshipper, banyak orang yang lebih memilih untuk menjadi dropshipper daripada seorang reseller. 

Peluang bisnis sebagai dropshipper juga akan terus meningkat seiring dengan minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara online.

6. Peluang Usaha sebagai Reseller


Siapa itu Reseller?

Jika diartikan secara bahasa, kalian akan langsung mengerti, bahwa re berarti kembali dan seller berarti penjual. 

Dengan begitu, kata ini bisa diartikan sebagai penjual kembali. Atau pihak yang menjual kembali suatu barang.

Dalam buku Step by Step Bisnis Dropshipping dan Reseller yang ditulis oleh Ahmad Syafi’i dituliskan pengertian reseller. 

Reseller adalah menjual kembali sebuah barang dari supplier. Hal tersebut dilakukan tanpa adanya stok barang. Nantinya besaran komisi diberikan berdasarkan kesepakatan antara reseller dan supplier.

Pengertian lain menyebutkan, reseller merupakan orang yang membeli produk dari supplier dengan harga yang lebih murah. Tujuannya untuk dijual kembali dengan harga tertentu. Sehingga nantinya akan mendapat keuntungan.

Untung Rugi Jadi Reseller

Bagaimana, sudah paham dengan definisi dari reseller? Mulai tertarik untuk menjajal profesi ini? Itu merupakan pilihan yang cukup baik sih. 

Jangan ragu untuk memulai hal baru, tapi ingat masih ada hal-hal yang harus kamu pikirkan. Apa aja sih? Yuk lanjut kita bahas!

Kelebihan Menjadi Reseller

Sebelum benar-benar yakin, dan supaya semakin yakin, kita akan bahas kelebihan dari reseller, yang nantinya bisa kamu jadikan pertimbangan.

  1. Menjadi reseller tidak direpotkan dengan urusan stok barang, karena hal tersebut menjadi tanggung jawab
  2. Tidak membutuhkan waktu khusus untuk bekerja, dalam kata lain, bisa dilakukan sebagai sampingan pekerjaan yang lainnya
  3. Komplain atau protes terhadap suatu produk tidak dilayangkan kepada reseller, sehingga tidak perlu pusing.
  4. Tidak perlu banyak memikirkan perihal naik dan turunnya harga barang.
  5. Biaya produksi bkan menjadi tanggung jawabmu, hal tersebut adalah hal yang ditangguhkan kepada
  6. Kamu tidak perlu repot dan pusing memikirkan proses produksi.
  7. Hal paling penting, kamu bisa duduk manis menunggu uang masuk, karena banyak proses yang dilakukan oleh

Kekurangan Menjadi Reseller

Selain kelebihan, tentunya ada kekurangan yang perlu kita perhatikan. Jangan sampai kitatidak lengkap mempertimbangkan sesuatu, lalu menyesal di tengah jalan. Berikut beberapa kekurangan dari reseller.

  1. Kamu tidak bisa menentukan sendiri harga barang yang kamu jual.
  2. Selanjutnya, kamu tidak dapat memodifikasi barang yang kamu jual, atau dengan kata lain kamu tidak begitu leluasa.
  3. Produk yang kamu jual bukan milikmu
  4. Ketergantungan terhadap perusahaan pengelola. Misalkan saat perusahaan penyuplai tengah mengalami masalah, bisa jadi kamu juga tidak bisa melakukan penjualan.
  5. Keuntungan dan transaksi penjualan tidak ada di tanganmu, tapi di tangan supplier

7. Peluang Usaha sebagai Affiliate Marketing

Apa Itu Affiliate Marketing?

Sederhananya, Affiliate Marketing adalah suatu metode pemasaran/bisnis di mana seseorang akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan produk si pedagang (merchant).

Tak selamanya yang bergabung ke dalam program afiliasi adalah individu. Sekelompok orang atau bahkan perusahaan dipersilakan untuk mengikuti program afiliasi yang tersedia.

Pada umumnya, ada tiga pihak yang terlibat dalam Sistem Affiliate Marketing, yaitu:

  • Merchant: Pihak ini juga kadang disebut sebagai creator atau brand. Apa pun penyebutannya, pihak inilah yang memegang kepemilikan atas suatu produk.
  • Affiliate: Disebut juga sebagai publisher, affiliate memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang-orang agar membeli suatu produk. Biasanya pihak ini meliputi blogger, influencer Instagram, atau perusahaan yang berjalan khusus di bidang affiliate marketing.
  • Pelanggan: Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan kalau pihak inilah yang akan melakukan pembelian terhadap suatu produk yang dipromosikan oleh si affiliate.

Belakangan ini, jumlah perusahaan yang menawarkan program affiliate marketing semakin meningkat, termasuk Hostinger, Amazon, ebay, dll. 

Terlampau banyaknya perusahaan yang mengadakan program ini, kalian harus benar-benar selektif. Pilihlah program yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda agar bisa memperoleh hasil yang terbaik serta menguntungkan.

Bagaimana Cara Menjadi Affiliate Marketer?

Affiliate marketer, atau yang juga dikenal dengan sebutan affiliate, mendapatkan uang dengan menjadi salerperson untuk suatu perusahaan.

Nantinya affiliate ini memperoleh keuntungan dalam bentuk komisi atau biaya referral setiap kali ada orang yang melakukan pembelian melalui promosi yang ditawarkan.

Umumnya, seorang affiliate akan mendapatkan link atau banner khusus untuk ditempatkan di websitenya.

Nah, untuk ikut serta dalam program ini, hal paling pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari individu, kelompok, atau perusahaan yang menawarkan affiliate marketing dan mengajukan kerja sama agar bisa menjual produk atau layanan mereka. 

Sebelum berakhir dengan kata setuju, setidaknya Anda sudah melakukan riset terlebih dulu dan mengetahui lebih dalam apakah bentuk kerja sama yang dijalani nantinya memberikan hasil yang adil.

Bagaimana Memperoleh Keuntungan Sebagai Affiliate Merchant?

Berbeda halnya dengan marketer, merchant adalah orang atau perusahaan yang membuat dan memiliki produk atau layanan yang akan dipromosikan. Mereka harus menyisihkan sejumlah dana untuk membayar komisi anggota program afiliasi.

Merchant perlu mengalkulasi komisi pembayaran. Semakin tinggi komisi yang diberikan, maka semakin banyak pula orang yang tertarik untuk menjadi affiliate dan mempromosikan produknya. baca juga GPT Partition Style 

Untungnya, ada banyak opsi yang bisa ditawarkan oleh merchant kepada affiliate. Misalnya, komisi dapat diberikan dalam bentuk bonus, kupon untuk pelanggan, atau produk gratis.

2 komentar untuk "7 Peluang Usaha Online yang menguntungkan tanpa modal"